Pendekatan Design Thinking Dalam Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile “Teater Tradisional Indonesia”

Authors

  • Fuja Fujiawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Saida Ulfa Universitas Negeri Malang
  • Henry Praherdhiono Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.37802/candrarupa.v2i1.303

Keywords:

Design Thinking, Mobile Learning, Teater Tradisional Indonesia

Abstract

Teater merupakan salah satu konten dalam mata pelajaran seni budaya yang memiliki beragam jenis dan bentuk dalam penyajiannya, dalam mengenalkan jenis pertunjukan masih menjadi permasalahan dalam penggunaan media yang memudahkan siswa untuk mengaksesnya sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran berbasis mobile pada mata pelajaran seni budaya untuk materi teater tradisional Indonesia, berdasarkan kebutuhan pengguna, karakteristik materi, kemudahan belajar siswa yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja yang dirancang dalam bentuk aplikasi mobile. Media ini dirancang dengan menggunakan pendekatan metode design thingking yang memiliki lima tahapan yaitu: (1) Empathize, (2) Define (3) Ideate (4) Prototype (5) Test. Data informasi kebutuhan pengguna diperoleh dari siswa dan guru dengan teknik wawancara dan dikembangkan dalam produk aplikasi media berbasis mobile untuk mengenal Teater Tradisional Indonesia, yang mana media tersebut menjadi panduan kegiatan siswa dan guru, memberikan materi pengantar, menunjukan contoh video pertunjukan, dan menyediakan evaluasi pembelajarannya. Media pembelajaran berbasis mobile ini dirancang untuk menjadi sumber belajar siswa yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja sesuai kebutuhan pengguna.

References

M. Prensky, “Listen to the natives. Educational Leadership,” vol. 63, no. 4, pp. 8–13, 2005.

D. Kolenberg, M., & Assad, “Online Learning: A Step Forward for 21st Century Education?,” in 6th International Conference on Trends in Social Sciences and Humanities (TSSH 2016), 2016. doi: https://doi.org/10.17758/ERPUB.EA1216218.

A. Naciri, M. A. Baba, A. Achbani, and A. Kharbach, “Mobile Learning in Higher Education: Unavoidable Alternative during COVID-19,” Aquademia, vol. 4, no. 1, p. ep20016, Apr. 2020, doi: 10.29333/aquademia/8227.

A. Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media, 2014.

dkk Kamaril, Cut, Pendidikan Seni Rupa/KerajinanTangan. Jakarta: Universitas Terbuka, 2002.

A. T. Fajri, S., Fujiawati, F. S., & Permanasari, “Perancangan Media Pembelajaran Mobile Apps Berbasis Android B’trace Merangkai Gerak Tari Tradisional,” JPKS (Jurnal Pendidik. Dan Kaji. Seni), vol. 6, no. 1, 2021.

T. Kelley, D., & Brown, “An introduction to Design Thinking,” 2018.

Y. T. Dam, Rikke Friis & Siang, “What is Design Thinking and Why Is It So Popular? Interaction Design Foundation,” 2022.

A. Kukulska‐Hulme, H. Lee, and L. Norris, “Mobile Learning Revolution,” in The Handbook of Technology and Second Language Teaching and Learning, Wiley, 2017, pp. 217–233. doi: 10.1002/9781118914069.ch15.

Downloads