Etika Publikasi

Etika Publikasi  : CandraRupa : Journal of Art, Design, and Media

CandraRupa : Journal of Art, Design, and Media merupakan jurnal ilmiah yang berbasis seni, desain dan media. Jurnal CandraRupa : Journal of Art, Design, and Media diterbitkan oleh Universitas Dinamika memuat tentang konseptual, resume penelitian, serta tinjauan buku, perkembangan seni, desain dan media menjadi tujuan utama dalam jurnal sebagai landasan utama dalam bentuk teoritis maupun praktis.

Jurnal CandraRupa : Journal of Art, Design, and Media memiliki kode etika publikasi berdasarkan Peraturan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 menyatakan bahwa kode etika publikasi ilmiah intinya menjunjung tiga nilai etik dalam publikasi, yaitu 1) Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi, 2) Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang, dan 3) Kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme dalam publikasi. Dengan adanya tiga nilai etik tersebut, Kode Etika Publikasi Ilmiah ini dapat membimbing pengelola, editor, mitra bestari, pengarang dalam sistem publikasi jurnal ilmiah untuk senantiasa mematuhi kode etika, mengikuti standar dan menerima tanggung jawab praktik-praktik pengelolaan publikasi ilmiah yang baik.

Berikut merupakan tanggung jawab dari Penerbit, editor, reviewer dan penulis dari Jurnal CandraRupa : Journal of Art, Design, and Media:

Tanggung Jawab Penerbit

Penerbit adalah Organisasi profesi ilmiah, lembaga penelitian dan pengembangan, perguruan tinggi, dan badan penerbit yang mempunyai peran final untuk menerbitkan atau tidak menerbitkan suatu karya ilmiah.

  1. Bertanggung jawab dalam menerbitkan naskah yang sebelumnya telah melalui proses editing, penelaahan, dan layout sesuai dengan kaidah penerbitan jurnal ilmiah.
  2. Bertanggung jawab dalam menjamin kebebasan akademik bagi para editor dan reviewer dalam menjalankan tugasnya masing-masing.
  3. Bertanggung jawab dalam menjaga privasi dan melindungi kekayaan intelektual dan hak cipta, dan kebebasan editorial.

Tanggung Jawab Editor

Editor Jurnal CandraRupa : Journal of Art, Design, and Media adalah seseorang yang mengkoordinasikan peran dan fungsi pengarang, mitrabestari (reviewer), dan pengelola jurnal dalam proses mempublikasikan karya tulis berdasarkan kaidah ilmiah dan etika.

  1. Bertanggung jawab dalam memutuskan naskah yang layak dipublikasikan melalui dewan editor yang mengacu pada persyaratan hukum yang berlaku mengenai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, duplikasi, fabrikasi data dan plagiarisme.
  2. Bertanggung jawab dalam mengatur penelaahan dan penerimaan naskah.
  3. Bertanggung jawab dalam menjamin kewajaran hasil penelaahan karya tulis.
  4. Editor Jurnal CandraRupa : Journal of Art, Design, and Media tidak akan mengungkapkan setiap informasi tentang naskah atau naskah yang masuk kecuali atas izin penulisnya.
  5. Naskah yang tidak dipublikasi tidak akan digunakan editor Jurnal CandraRupa : Journal of Art, Design, and Media untuk kepentingan sendiri dan akan dikembalikan langsung kepada penulisnya.

Tanggung Jawab Mitrabestari (Reviewer)

Mitrabestari (Reviewer) Jurnal CandraRupa : Journal of Art, Design, and Media seseorang yang membantu editor untuk menelaah secara kritis substansi karya ilmiah sesuai dengan bidang kepakarannya.

  1. Bertanggung jawab dalam menelaah artikel Jurnal Society: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat secara obyektif dan didukung oleh argumentasi yang jelas.
  2. Reviewer bertanggung jawab secara penuh dalam rekomendasi naskah yang telah melalui proses telaah.
  3. Reviewer bertanggung jawab terhadap kutipan, referensi, fabrikasi data, falsifikasi data sebuah artikel.
  4. Reviewer bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan informasi dan tidak menggunakan informasi dari naskah yang ditelaahnya untuk keuntungan/kepentingan pribadi.

Tanggung Jawab Penulis

Penulis adalah seseorang yang menuangkan hasil-hasil pemikiran dan/atau penelitian dan pengembangannya dalam bentuk karya tulis yang telah memenuhi persyaratan kaidah ilmiah dan etik.

  1. Penulis harus menyajikan naskah hasil pemikiran atau penelitianya secara jelas, jujur, dan tanpa adanya duplikasi, fabrikasi data, falsifikasi data dan plagiarisme.
  2. Penulis bertanggung jawab secara kolektif untuk pekerjaan dan isi dari artikel meliputi metode, analisis, perhitungan, dan rinciannya.
  3. Penulis bertanggung jawab atas konfirmasi yang diajukan atas naskah yang telah ditulis
  4. Penulis menunjukan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip.
  5. Penulis harus menulis naskah secara etis, jujur dan bertanggung jawab, sesuai dengan peraturan penulisan ilmiah yang berlaku.
  6. Penulis tidak melakukan double submit ke jurnal lain saat proses di Jurnal CandraRupa : Journal of Art, Design, and Media.