Desain Produk Mini Boat Pemberi Makan Ikan Otomatis Berbasis Microcontroller di Tambak Ikan Studi Kasus: Tambak Ikan Daerah Glagah Lamongan

Authors

  • Muhammad Fajrudin Fatwa Universitas Dinamika
  • Yosef Richo Adrianto Universitas Dinamika
  • Darwin Yuwono Riyanto Universitas Dinamika

DOI:

https://doi.org/10.37802/candrarupa.v2i2.304

Keywords:

Microcontroler, Pakan Ikan, Pemberi Makan Ikan Otomatis, Tambak Ikan

Abstract

Kecamatan Glagah di Kabupaten Lamongan merupakan daerah dataran rendah yang memiliki mata pencaharian utama sebagai petambak ikan nila. Namun, masalah pemberian pakan yang tidak teratur dan banjir akibat luapan Bengawan Solo dan Bengawan Jero seringkali menyebabkan kematian masal pada ikan peliharaan. Para peneliti sebelumnya telah membuat pemberi makan ikan otomatis yang dikontrol dengan sistem microcontroler, namun masalah kelebihan kapasitas perikanan budidaya dan eutrofikasi di budidaya perairan serta banjir yang meluas setiap tahun masih menjadi ancaman bagi budidaya ikan di Kecamatan Glagah. Oleh karena itu peneliti merancang desain Mini boat pemberi pakan ikan otomatis yang merupakan sebuah produk yang dirancang untuk membantu petambak ikan dalam memberikan pakan ikan secara teratur dan efisien. Produk ini menggunakan sistem microcontroler untuk mengontrol pemberian pakan ikan secara otomatis. Selain itu, mini boat ini juga dapat membantu mengatasi masalah banjir yang sering terjadi di Kecamatan Glagah, Kabupaten Lamongan, yang dapat menyebabkan kematian masal pada ikan peliharaan. Dengan menggunakan mini boat ini, petambak ikan dapat memastikan bahwa ikan peliharaannya tetap mendapatkan pakan yang cukup walaupun terjadi banjir.

References

I. Diatin, M. P. Sobari and R. Irianni, "Analisis Kelayakan Finansial Budidaya Ikan Nila Wanayasa," Library of IPB University, Bogor, 2007.

"Kondisi Tambak di Kabupaten Lamongan," Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Lamongan, [Online]. Available: https://dpkkablamongan.com/kondisi-tambak-di-kabupaten-lamongan. [Accessed 5 Januari 2023].

S. Aisyah, "Masalah-Masalah Pada Budidaya Perikanan," Jurnal Akuakultur Indonesia, vol. 3, no. 2, pp. 45-52, 2012.

Ariyanto, "Analisis Pemberian Pakan Otomatis pada Budidaya Ikan," Jurnal Akuakultur Indonesia, vol. 5, no. 2, pp. 78-85, 2015.

W. R. Hendra, "Peranan Pemberian Pakan Terhadap Kesehatan Ikan Dalam Budidaya," Jurnal Akuakultur Indonesia, vol. 1, no. 2, pp. 12-18, 2015.

J. R. F. Arneodo and M. A. Fontelos, "A Review of Buoyancy and Its Applications," Annual Review of Fluid Mechanics, vol. 44, pp. 1-25, 2012.

Wikipedia, "Buoyancy," Wikipedia, [Online]. Available: en.wikipedia.org/wiki/Buoyancy. [Accessed 5 Januari 2023].

M. A. Mohd Yusoff, A. R. Hamdan and M. R. (. Omar, "Design and implementation of a remote-controlled mini boat for fish feeding," Universiti Teknologi Malaysia.

S. Wignjosoebroto, "Ergonomi Studi Gerak dan Waktu. (Ed. Pertama) cetakan keempat," Surabaya: Guna Widya, 2008.

Downloads