Tinjauan Visual dan Makna Logo Pameran Biennale Jogja XI–XVI Equator (2011-2021)

Authors

  • Sudjadi Tjipto Rahardjo STSRD VISI Yogyakarta
  • Happy Rolitasari Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Visi Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37802/candrarupa.v2i1.325

Keywords:

Biennale Jogja Equator, Logo, Proses Kreatif

Abstract

Logo merupakan bagian dari identitas visual yang memiliki peran penting dalam mewakili identitas visual penyelenggara pameran. Logo tidak pernah luput dan selalu tampil pada setiap publikasi cetak maupun digital, namun keberadaanya masih jarang diperbincangkan. Dalam proses pembuatannya sebuah tampilan logo melewati proses penggalian ide, kepiawaian perancang menerjemahkan teks kuratorial dan gagasan tema pameran sehingga menemukan visualisasi logo sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini mengidentifikasi tampilan visual logo Biennale berdasarkan keilmuan DKV, lingkup kajian meliputi bentuk logo, warna dan tipografi dan makna logo serta proses kreatif perancangan logo dari sisi desainernya. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data triangulasi yang ditinjau menggunakan teori desain komunikasi visual. Temuan penelitian bahwa tampilan visual logo pameran Biennale Jogja XI-XVI Equator selalu berbeda, hal ini terjadi karena konsep perancangan logo telah ditentukan oleh tim kurator sedari awal. Perbedaan kerjasama antar agency atau desainer individu memunculkan juga karakteristik desain logo pameran yang beragam.

References

H. P. Utama, W. S., Swastika, A., & Utomo, Khatulistiwa Sebagai Metode: Merefleksikan Pengalaman 10 tahun Biennale Jgoja Khatulistiwa. Yogyakarta: Yayasan Biennale Yogyakarta, 2020.

I. T. Wibowo, Belajar Desain Grafis. Yogyakarta: Buku Pintar, 2013.

D. W. Soewardikoen, Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Kanisius, 2019.

Y. B. Yogyakarta, “Yayasan Biennale Yogyakarta,” Yayasan Biennale Yogyakarta, 2021. https://biennalejogja.org/

L. Arief, “Representasi Tema dan Konsep Kuratorial Biennale Jogja IV s.d XI pada Katalog, Ditinjau dari Perspektif Desain Grafis,” 2013.

M. Alaydrus, “Tinjauan Aplikasi Logo pada Katalog Pameran Jakarta Biennale 2009 Berdasarkan Standar Manual Logo,” 2009.

I. Archive, “Pameran Biennale | Seni Lukis Yogyakarta - 1988.” http://archive.ivaa-online.org/events/detail/398

P. Tabrani, “Wimba, Asal Usul Dan Peruntukkannya,” Wimba J. Komun. Vis., vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2015, doi: 10.5614/jkvw.2009.1.1.1.

P. Tabrani, Kreativitas Dan Humanitas: Sebuah Studi Tentang Peranan Kreativitas dalam Perikehidupan Manusia. Yogyakarta: Jalasutra, 2006.

S. Rustan, Mendesain Logo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2017.

Downloads