Discourse of the Symbols Meaning in Exo's 'Mama' Music Video Clips

Authors

  • Ardian Utomo Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta
  • Widhihatmini Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta
  • Dewi Warhamni Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Ikke Widianti Multimedia Nusantara University Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.37802/candrarupa.v2i1.333

Keywords:

Exo Mama, Komunikasi, Media, Persepsi, Simbol, Klip Video Musik

Abstract

Video klip kelompok musik Exo berjudul ‘Mama’ memberikan beragam persepsi di kalangan masyarakat terutama pecinta musik pop Korea mengenai simbol-simbol yang ada di dalamnya. Simbol adalah bagian dari komunikasi yang menuntut masyarakat menggunakan persepsi untuk dapat memahami makna yang terkandung di dalamnya. Metode yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan informan memberikan persepsi bahwa simbol yang ada dalam video musik Exo berjudul ‘Mama’ hanyalah sebuah seni dan sebagai pendukung sebuah cerita dalam video klip musik tersebut. Selain itu persepsi yang dimunculkan bahwa simbol yang ada dalam video klip musik Exo tersebut memiliki keterkaitan dengan suatu kepercayaan tertentu dalam hal ini menyerupai lambang dan simbol Illuminati. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa perbedaan persepsi tidak terjadi begitu saja, tidak hanya karena reseptor indra terhadap suatu objek yang ada tetapi hal ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya faktor internal dan eksternal. Penelitian ini mencoba mengungkapkan penggunaan simbol-simbol yang identik dengan Illuminati dimana tidak banyak penelitian sejenis yang mengkaji hal tersebut. Disarankan bagi penelitian selanjutnya bisa mencermati penggunaan simbol dalam tayangan video klip music dan berupaya mengungkapkan makna yang ada didalamnya sehingga dapat membantu masyarakat memberikan pemaknaan yang tepat.

References

Rusidi, Anggy, Syafwandi, Riri T., “Analisis Semiotika Pada Video Klip 'Man Upon The Hill' Stars and Rabit.,” 2019. http://ejournal.unp.ac.id (accessed Mar. 1, 2022).

Ibrahim, Faisal, “Perancangan Video Klip Musik Tradisional Gambang Kromong Berjudul Peci Merah Sebagai Media Promosi., ” 2021. http://galerifdsk.mercubuana.ac.id/perancangan-video-klip-musik-tradisional-gambang-kromong-berjudul-peci-merah-sebagai-media-promosi/ (accessed Mar. 1, 2022).

p2k.unkris.ac.id, “Dinasti Joseon.,” 2021. http://p2k.unkris.ac.id/en3/3065-2962/Dinasti-Joseon_32014_unkris_p2k-unkris.html (accessed Mar. 1, 2022).

fanpop.com, “Breaking The Mysteri Of Exo 'Mama'., ” 2012. https://www.fanpop.com/clubs/exo-m/articles/191000/title/breaking-mystery-exo (accessed Mar. 1, 2022).

F. Javier, “Ada 7,5 Miliar Twit K-Pop Pada Juli 2020-Juni 2021, Terbanyak Dari Indonesia.,” 2021. https://data.tempo.co/data/1174/ada-75-miliar-twit-k-pop-pada-juli-2020-juni-2021-terbanyak-dari-indonesia (accessed Feb. 17, 2022).

M. F. M. Nisa, Ani Choirun, “Simbol Ordo Illuminati Dalam Kehidupan Sosio-Kultural Muslim Di Arab Saudi: Analisis Semiotika Simbolik,” J. C. J. Stud. Timur Teng., vol. 9, no. 1, pp. 100–114, 2016.

I. J. Efriza, Komunikasi Politik: Pemahaman Secara Teoritis dan Empiris. Malang: Intrans Publishing, 2018.

Rizka, Rona, Tantri Puspita Y., “Illuminati Symbol Representation In Design Shirt Aye! Denim,” Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, vol. 3, no. 2, pp. 1-15, 2016

Nisa, Choirun Ani, M. Farkhan M., “Simbol Ordo Illuminati Dalam Kehidupan Sosio-Kultural Muslim Di Arab Saudi: Analisis Semiotik Simbolik,” Jurnal CMES, vol. 9, no. 1, pp. 100-114, 2016

D. Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

A. Mohyi, Teori dan Perilaku Organisasi. Malang: UMM Press, 2012.

F. Junaedi, Komunikasi 2.0: Teoritisasi dan Implikasi. Yogyakarta: Aspikom, 2011.

A. Indrawan, J., Efriza, & Ilmar, “Kehadiran Media Baru (New Media) Dalam Proses Komunikasi Politik.,” Mediu. J. Ilm. Fak. Ilmu Komun. Univ. Islam Riau, vol. 8, no. 1, pp. 1–17, 2020.

Verra, Nawiroh, Semiotika Dalam Riset Komunikasi. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia, 2015.

Wibowo, Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013.

Khairani, Makmun, Psikologi Umum. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2012.

B. Walgito, Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset, 2004.

Sobur, Alex, Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013

Irwanto, Psikologi Umum. Jakarta: PT. Prenhallindo, 2002.

D. McQuail, Teori Komunikasi Massa, Buku 2, 6th ed. Jakarta: Salemba Humanika, 2011.

F. Y. Lestari, Winda Yunita, “Simbol Illuminati Dalam Video Klip,” ProTVF J. Kaji. Telev. dan Film, vol. 3, no. 1, pp. 35–32, 2019.

G. D. A. Sholihin, “Analisis Makna Simbol Illuminati Dalam Video Klip (Suatu Kajian Semiotik Terhadap Simbol Kelompok Illuminati),” Bahterasia J. Ilm. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 2, no. 2, pp. 1–10, 2021.

Ahmad, Perencanaan pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia, 2012.

M. Sembiring, Budaya dan Kinerja Organisasi. Bandung: Fokusmedia, 2012.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta, 2015.

Downloads