Perancangan Set Meja Makan Menggunakan Konsep Space Saving dengan Jerami Sebagai Unsur Hias

Authors

  • Ahmad Khoirul Musadid Universitas Islam Nahdlatul Ulama
  • DS. Drajad Wibowo Universitas Islam Nahdlatul Ulama
  • Achmad Zainudin Universitas Islam Nahdlatul Ulama

DOI:

https://doi.org/10.37802/candrarupa.v3i1.537

Keywords:

Design Thinking, Set Meja Makan, Space Saving

Abstract

Furniture merupakan produk pelengkap yang dibutuhkan dalam kehidupan, baik interior dan eksterior. Perkembangan kebutuhan dan desain furniture juga mengalami peningkatan yang baik dan dapat menyesuaikan kondisi juga manfaatnya. Peningkatan jumlah penduduk setiap tahun dapat mempengaruhi dalam perkembangan desain baik hingga hunian dan kebutuhan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan ide perancangan desain furniture yang mempunyai kekuatan, kenyamanan, keunikan dan fleksibel terhadap ruang, yaitu konsep space saving.  Material yang digunakan dalam penelitian menggunakan kayu jati sebagai material utama dan jerami padi sebagai unsur hias. Metode penelitian perancangan ini menggunakan pendekatan design thinking yang mempunyai lima tahapan perencanaan yang sesuai dengan konsep perancangan, yaitu: (1) Empathize, (2) Define, (3) Ideate, (4) Prototype, (5) Test. Data informasi yang dikumpulkan melalui observasi lapangan dengan wawancara pada narasumber terkait dan observasi melalui sumber media terkait, yang mana data tersebut dapat menjadi panduan penelitian. Penelitian yang bersifat kualitatif ini dilakukan dengan menjalankan langkah-langkah metodologis: (1) mengumpulkan data sumber masalah; (2) Menyusun konsep desain; (3) membuat sketsa alternatif; (4) memilih desain terpilih dari alternatif desain yang tersedia; dan (5) menjalankan tahap perwujudan produk. Perancangan desain perpaduan ide konsep furniture space saving yang mengarah pada fungsional dan menjadi konsep utama yang dipadukan dengan kaki gaya Scandinavian (sisi estetik), dan jerami sebagai unsur hias pada top meja utama dapat menjadi sebuah pembelajaran sehingga menghasilkan produk yang modern, fleksibel, dan mudah dalam penyimpanan serta pengemasan. 

References

P. Widyo Laksono, B. Suhardi, and E. Muhaimin, “Perancangan Kursi dengan Konsep Space-Saving Furniture dan Eco-Design pada Apartemen di DKI Jakarta,” Performa: Media Ilmiah Teknik Industri, vol. 15, no. 2, pp. 160–165, 2016.

I. Achmad, “Rancangan Pengembangan Furniture Kontemporer Dengan Menggunakan Metode Analytic Heirarchy Process (AHP) Dan Quality Function Deployment (QFD) (Doctoral dissertation, Universitas Wijaya Putra),” Universitas Wijaya Putra, Surabaya, 2019.

Dharsono, Sumarno, and N. R. Ardi Chandra, “Pemanfaatan Jerami Sebagai Produk Kreatif Non Industrial sebagai Dasar Pertimbangan Desain,” Prosiding : Seni, Teknologi, dan Masyarakat , vol. 2, pp. 241–244, Jan. 2020.

A. Fauzi, “Analisis Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 Di Pemerintah Daerah (Studi Kasus pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Serang),” Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta , 2019.

R. Friis Dam and T. Yu Siang, “What is Design Thinking and Why Is It So Popular?,” Interaction design Foungdation.

Martawijaya et al., Atlas Kayu Indonesia. Bogor: Badan Penelitian & Pengembangan Kehutanan Departemen Kehutanan, 2005.

A. Dwi Cahyaningtyas and S. Rahardjo, “Penggunaan Konsep Space Saving Untuk Apartemen Tipe Studio Di Kota Bandung,” Idealog: Ide dan Dialog Desain Indonesia, vol. 1, no. 2, pp. 178–192, Jul. 2017.

E. Susanti, “Penerapan Konsep Ergonomi Dalam Design Kursi Dan Meja Belajar Yang Berguna Bagi Mahasiswa. Jurnal Dimensi,” vol. 2, no. 2, 2012.

E. Muladi, “Kajian Alternatif Detail Sambungan untuk Mainan Kayu,” Vitruvian : Jurnal Arsitektur, Bangunan dan Lingkungan, vol. 6, no. 3, pp. 109–124, 2017.

P. Purwandaru, A. Mulyono, L. Purwaningrum, and I. Bambang Sulistyono, “Analisa Karakter Material Jerami Padi Untuk Pemanfaatan Produk Kerajinan Tangan,” WIDYAKALA: JOURNAL OF PEMBANGUNAN JAYA UNIVERSITY, vol. 8, no. 2, pp. 97–103, 2021.

Downloads