Strategi Manajemen Acara Festival Sinema Akhir Tahun (SAT) Sebagai Jalur Ekshibisi Film Tahun 2019 - 2021

Authors

  • Oka Sugawa Institut Seni Indonesia
  • I Putu Suhada Agung Institut Seni Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37802/candrarupa.v3i1.580

Keywords:

Festival Film, Sinema Akhir Tahun (SAT), Strategi Manajemen Acara

Abstract

Sinema Akhir Tahun (SAT) merupakan festival film kampus yang diselenggarakan oleh mahasiswa Prodi Film dan Televisi (FTV) Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. SAT diselenggarakan sebagai distribusi alternatif, supaya para pembuat film, komunitas independen dan mahasiswa dapat menayangkan karyanya. Penelitian ini berfokus pada analisis manajemen acara SAT pada tahun 2019, 2020, dan 2021. Pemilihan tiga tahun tersebut untuk mengetahui strategi manajemen acara SAT sebelum pandemi, saat pandemi dan setelah pandemi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan wawancara narasumber kunci, studi dokumentasi berupa arsip dan laporan kegiatan, serta triangulasi sumber data. Analisis data SWOT digunakan untuk mengetahui strategi dan aspek evaluatif pada konsep Management Event Joe Goldblatt yang terdiri dari research, design, planning, coordinating, dan evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan SAT 2019, 2020, dan 2021 terbukti mampu menjadi embrio festival film mahasiswa di Indonesia yang diinisiasi oleh kampus.

References

J. Kristanto, Nonton Film Nonton Indonesia, Jakarta: Penerbit Kompas, 2004.

N. Depita, "Perubahan Struktur Organisasi Kepanitiaan dalam Festival Film Mahasiswa UCIFEST," Dewa Ruci, pp. 20-30, 2020.

F. Kerrigan, Film Marketing, Oxford: Butterworth, 2010.

A. Noor, Management Event, Bandung: Alfabeta, 2013.

J. J. Goldblatt, Special events: best practices in modern event management, -: Van Nostrand Reinhold, 1997.

R. H. L. J. Johnny Allen, Festival and special event management, Milton, Australia: John Wiley & Sons, 2022.

I. Fahmi, Management Strategis: Teori dan Aplikasi, Bandung: Alfabeta, 2015.

V. H. Putri, "Strategi Manajemen Event Karang Film Festival #1 Sebagai Upaya Pemberdayaan Karang Taruna Desa Karang Kabupaten Karanganyar Menjadi Insan Perfilman," Diss. ISI Surakarta, 2022.

D. E. Pratama, "Implementasi Analisis SWOT dalam Strategi Pengembangan Festival Film Solo Documentary," SIGNIFIERA: Journal of Cultural Studies, pp. 1.1: 9-15., 2021.

F. Rangkuti, Analisis SWOT: teknik membedah kasus bisnis cara perhitungan bobot rating dan OCAI, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2014.

Downloads