Analisis Mise En Scene dalam Interaksi Tokoh Yuni dengan Para Tokoh Antagonis pada film Yuni

Authors

  • Sutari Puspa Sucita Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta
  • Donie Fadjar Kurniawan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.37802/candrarupa.v3i1.625

Keywords:

Acting, Film Yuni, Interaksi, Mise En Scene

Abstract

Film Yuni merupakan film dengan isu ‘perempuan’ yang rilis di bioskop pada 9 Desember 2021, kemudian tayang di platform streaming resmi Disney+ Hotstar pada 21 April 2022. Tujuan penelitian ini menjelaskan penggunaan analisis salah satu elemen mise en scene yang ada dalam interaksi tokoh Yuni dengan para tokoh antagonis. Penelitian ini menggunakan film Yuni sebagai objek penelitian dengan berfokus pada interaksi tokoh Yuni dengan para tokoh antagonis. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari analisis beberapa unsur mise en scene di penelitian ini diketahui unsur akting berperan penting sebagai media para tokoh menyampaikan pesan dari naskah. Selanjutnya dilakukan analisis interaksi tokoh sehingga dapat diketahui terdapat relasi antara Yuni dengan para tokoh antagonis yang menunjukkan interaksi fisik, verbal, maupun emosional.

References

H. Pratista, Memahami Film Edisi 2, 2nd ed. Yogyakarta: Montase Press, 2017.

A. Sobur, Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

Z. Fan, “Yuni – forkafilms.com,” forka films. Accessed: Dec. 22, 2023. [Online]. Available: https://forkafilms.com/yuni/

A. Rokhmansyah, Pengantar Gender dan Feminisme. Yogyakarta: Garudhawaca, 2016.

A. Maulana, “Hari Perempuan Internasional, Fakta Tingginya Pernikahan Dini, dan Dorongan untuk Terus Berkarya – Universitas Padjadjaran,” Universitas Padjajaran. Accessed: Dec. 22, 2023. [Online]. Available: https://www.unpad.ac.id/2023/03/hari-perempuan-internasional-fakta-tingginya-pernikahan-dini-dan-dorongan-untuk-terus-berkarya/

B. Jeon, “VR & Changes in Cinematic Storytelling - Focusing on film composition unit, montage, space, mise-en-scène and perspective,” Journal of Korea Multimedia Society, vol. 21, no. 8, pp. 991–1001, 2018.

et al Kvisgaard, Adam, “Frames to zones: Applying mise-en-scene techniques in cinematic virtual reality,” Workshop on Everyday Virtual Reality (WEVR), 2019.

& J.-H. C. Lee, Lang-Goo, “A Study on Visual Mise-en-Scene of VR Animation,” Journal of digital convergence 15.9, pp. 407–413, 2017.

D. & B. R. Monahan, Looking at Movies. New York: W.W. Norton & Company, 2004.

J. W. Creswell, Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Third Edition). USA: SAGE Publications Inc, 2009.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

D. F. Ratnasari, Mentari & Kurniawan, “Visualisasi Kasih Sayang Ibu dalam Adegan Film Folklore:A Mother’s Love,” CandraRupa: Journal of Art, Design, and Media, vol. 2, no. 2, 2023.

Downloads