Persepsi Audiens Terhadap Logo “Pempek Nyonya Kamto”

Authors

  • Agustina Kusuma Dewi Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Meisri Savitri Maulani Institut Teknologi Nasional Bandung

DOI:

https://doi.org/10.37802/candrarupa.v3i1.634

Keywords:

Komunikasi Visual, Logo, Persepsi, Rekognisi

Abstract

Logo yang digunakan oleh Pempek Nyonya Kamto memegang peran yang signifikan sebagai penanda identitas suatu entitas di mata masyarakat. Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi audiens terhadap logo "Pempek Nyonya Kamto". Metode penelitian melibatkan instrumen kuesioner berbasis digital yang menggunakan Google Form dengan teknik sampling bertujuan dan observasi; serta triangulasi sumber data dengan merujuk pada literatur yang relevan. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa logo dengan desain dan ikonografi khusus mampu mencerminkan identitas produk atau merek, memastikan pengenalan dan ingatan oleh publik. Lebih dari sekadar simbol visual, logo berfungsi sebagai saluran untuk menyampaikan informasi strategis kepada audiens. Kesederhanaan logo "Pempek Nyonya Kamto" menjadikan proses pengenalan dan pengingatan lebih mudah, terutama terkait dengan posisi produk sebagai produk kuliner. Pentingnya penggunaan logo yang konsisten dalam strategi merek menjadi kunci untuk membangun identitas yang kuat dan memengaruhi persepsi publik.

Author Biography

Meisri Savitri Maulani, Institut Teknologi Nasional Bandung

Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Arsitektur dan Desain

References

S. Rustan, Mendesain Logo, Gramedia Pustaka Utama, 2013.

D. E. Knapp, The Brand Mindset (edisi Bahasa Indonesia), Yogyakarta: Penerbit Andi, 2002.

J. Fiske, Cultural and Communication Studies. Yogyakarta & Bandung: Jalasutra, 2007.

A.K. Dewi, H. A. Ahmad & A.Syarief, “Persepsi Audiens Terhadap Penerapan Ciri Gerak Pada Iklan Cetak”, dalam Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan, vol. 2 no.2, pp. 129-147, 2017. [Online]. Available: https://journals.telkomuniversity.ac.id/demandia/article/view/931/660 [Accessed Dec. 10, 2023].

F. R. Wargadalem, Wasino & L. Yulifar, “Pempek Palembang: History, Food Making Tradition, And Ethnic Identity”, dalam Journal of Ethnic Foods, vol. 10 no. 1, pp.1-15, 2023. [Online]. Available: https://journalofethnicfoods.biomedcentral.com/articles/10.1186/s42779-023-00209-z [Accessed Dec. 10, 2023].

N. K. Denzin, The Research Act: A Theoretical Introduction to Sociological Methods, Chicago: Aldine Publishing Company, 1970.

A. M. Sadat, Brand Belief: Strategi Membangun Merek Berbasis Keyakinan, Jakarta: Salemba Empat, 2009.

A. K. Dewi, “Pengembangan Kompetensi Multiliterasi Desain Berbasis Pada Penerapan Tradisi Komunikasi Di Era Indonesia 4.0”, dalam Jurnal Desain Indonesia, vol. 1, no. 1, pp. 1 - 6, 2019. [Online]. Available: https://jurnal-desain-indonesia.com/index.php/jdi/article/view/3 [Accessed Dec. 10, 2023].

A.K. Dewi, Bukan Ngobrol Biasa, Bandung: ITB Press, 2020.

A. Husain, “Kesenian Sebagai Media Komunikasi”, pp. 1-5, 2022. [Online]. Available: https://www.academia.edu/41285573/KESENIAN_SEBAGAI_MEDIA_KOMUNIKASI?auto=download [Accessed Dec. 13, 2023].

A. K. Dewi, Y. A. Piliang, Irfansyah & A. I. Saidi, “Transposisi Kreatif Gerak Wayang Makidhipuh Dalam Film Setan Jawa Karya Garin Nugroho”, dalam Panggung Jurnal Seni Budaya. vol.31 no. 3, pp.363-373, 2021. [Online]. Available: https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/1098 [Accessed Dec. 15, 2023].

A. P. Gunawan, “Proses Komunikasi Melalui Media Visual Fotografi Sebagai Ilustrasi”, dalam JURNAL BECOSS (Business Economic, Communication, and Social Sciences), vol.3 no.2, pp. 69-77, 2021. [Online]. Available: https://journal.binus.ac.id/index.php/BECOSS/article/view/7411 [Accessed Dec. 15, 2023].

R. Hidayatullah, “Sistem Komunikasi Musikal pada Gitar Tunggal Lampung Pesisir”, dalam Komunikasi Seni: Sebuah Telaah dalam Kontek Kearifan Lokal, Jurusan Seni Rupa FBS UNNES, Semarang, pp. 115-130, 2021. [Online]. Available: http://repository.lppm.unila.ac.id/30140/ [Accessed Dec. 15, 2023].

D. A. Kolb, Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development, New Jersey: Pearson Education, Inc., 2015.

P. P. Yunus, “Komunikasi Ekspresif Estetik Karya Seni”, dalam JCommsci (Journal of Media and Communication Science). vol. 3 no. 2, pp. 70 – 77, 2020. [Online]. Available: https://www.jcomm.unram.ac.id/index.php/jcomm/article/view/77 [Accessed Dec. 15, 2023].

J. Rakhmat, Psikologi Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

D.O. Sears, Psikologi Sosial, Jakarta: Erlangga, 1999.

A. Sobur, “Karya Seni Sebagai Media”, dalam Mediator, vol. 8 no. 2, pp. 211-220, 2007. [Online]. Available: https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/view/1245 [Accessed Jan. 03 2024].

C. Ware, “Visual Thinking for Information Design (The Morgan Kaufmann Series in Interactive Technologies)”, 2008.

T. Wibowo, “Belajar Desain Grafis”, Yogyakarta: Buku Pintar, 2013.

A. Dwiyanto, “Statistika Deskriptif: Pengertian, Fungsi dan Jenisnya”, pp. 1-4, 2023. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/367487749_Statistika_Deskriptif_Pengertian_Fungsi_dan_Jenisnya

M. Nurul Huda, “Relasi Persepsi Visualisasi Desain Kemasan Obat Sakit Kepala Terhadap Kepercayaan Konsumen”, Candrarupa Journal of Art, Media, and Design, vol.1, no.1, pp. 20-27, 2019, DOI: DOI: https://doi.org/10.37802/candrarupa.v1i1.35

S. T. Raharjo & H. Rolitasari, “Tinjauan Visual dan Makna Logo Pameran Biennale Jogja XI–XVI Equator (2011-2021)”, Candrarupa Journal of Art, Media, and Design, vol.2, no.1, 2023, pp. 50-57, DOI: https://doi.org/10.37802/candrarupa.v2i1.325

Downloads