Perancangan Media Interaktif Berbasis Augmented Reality Sejarah Trowulan Untuk Anak Sekolah

Authors

  • Nur Laili rochmah Universitas Dinamika
  • Siswo Martono Universitas Dinamika
  • Dhika Yuan Yurisma Universitas Dinamika

DOI:

https://doi.org/10.37802/candrarupa.v3i1.664

Keywords:

Augmented Reality, Media Interaktif, Sejarah Majapahit

Abstract

Penelitian ini membahas upaya pelestarian sejarah kerajaan Majapahit di Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, melalui pengembangan media interaktif berbasis augmented reality untuk anak sekolah dasar. Dengan latar belakang semakin menurunnya minat anak-anak terhadap pembelajaran sejarah, terutama di kelas 4-6. Seiring dengan perkembangan teknologi, anak-anak cenderung lebih tertarik pada media digital. Hasil observasi, wawancara, dan studi literatur menunjukkan bahwa media pembelajaran sejarah saat ini kurang interaktif dan kurang menarik bagi siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi inovatif penggunaan media interaktif berbasis augmented reality dengan ilustrasi bergaya children illustration diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam memahami dan menghargai warisan budaya Majapahit. Hasil dari penelitian ini menggaris bawahi perlunya inovasi dalam pendekatan pembelajaran sejarah di sekolah dasar dengan memanfaatkan teknologi dan desain visual yang menarik. Implementasi media interaktif ini diharapkan dapat menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan efektif, meningkatkan pemahaman sejarah, serta merangsang minat siswa dalam melestarikan warisan budaya.

References

R. D. Siahaan, N. Perbina Br Tarigan, S. Sadar, S. Lumban Batu, and Y. Sinaga, “Peduli Sejarah, ITS Surabaya ajak mahasiswa PMM jelajah peradaban Majapahit di Museum Trowulan,” vol. 7, pp. 79–83, 2023.

V. O. Anggraeni and D. Handayani, “Perancangan Buku Informasi Situs Candi Majapahit di Trowulan,” Vis. Herit. J. Kreasi Seni dan Budaya, vol. 3, no. 1, pp. 35–44, 2021, doi: 10.30998/vh.v3i1.3212.

V. Yumarni, “Pengaruh Gadget Terhadap Anak Usia Dini,” J. Literasiologi, vol. 8, no. 2, pp. 107–119, 2022, doi: 10.47783/literasiologi.v8i2.369.

Puji Asmaul Chusna, “Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak,” Din. Penelit. Media Komun. Sos. Keagamaan, vol. vol 17, no. no 2, p. 318, 2017.

F. Fujiawati, S. Ulfa, and H. Praherdhiono, “Pendekatan Design Thinking Dalam Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile ‘Teater Tradisional Indonesia,’” CandraRupa J. Art, Des. Media, vol. 2, no. 1, pp. 23–28, 2023, doi: 10.37802/candrarupa.v2i1.303.

E. Y. R. Pratiwi, R. Asmarani, L. Sundana, D. D. Rochmania, C. Z. Susilo, and A. Dwinata, “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Pemahaman P5 bagi Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 7, no. 2, pp. 1313–1322, 2023, doi: 10.31004/basicedu.v7i2.4998.

M. Saleh, “Semangat Kebangsaan Berbasis Peristiwa Sejarah Lokal untuk Membangun Kesadaran Sejarah di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 3579–3585, 2021.

R. Oktafiani, “Perancangan Media Interaktif Pengenalan Alat Musik Tradisional Dan Modern Anak Usia 4-6 Tahun,” J. Sketsa, vol. 1, no. 1, pp. 1–14, 2014.

A. Caroline, N. Sinaga, and T. C. Kusumandyoko, “Perancangan Buku Ilustrasi Interaktif Sebagai Media Edukasi Energi Alternatif Bioenergi Untuk Anak Usia 7-12 Tahun,” vol. 5, no. 1, pp. 118–132, 2023.

E. Erna, “Implementasi Augmanted Reality sebagai Media Pengenalan Sains Sederhana Pada Anak Usia Dini,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 2, no. 1, pp. 403–409, 2018, doi: 10.29207/resti.v2i1.337.

Downloads