Identifikasi Aspek Elemen Desain Pada Gim A Space for the Unbound

Authors

  • Ika Resmika Andelina Universitas Bunda Mulia
  • Martinus Eko Prasetyo Universitas Bunda Mulia
  • Sherly Theresia Universitas Bunda Mulia

DOI:

https://doi.org/10.37802/candrarupa.v3i2.690

Keywords:

Elemen Visual, Gim, Mimesis

Abstract

Seiring perkembangan teknologi, kini bentuk dan jenis media hiburan sudah beragam, antara lain, film, gim, film animasi, buku, dan sebagainya. Gim adalah salah satu media hiburan yang sudah sangat dikenal dan beradar masif di masyarakat, dengan banyaknya kategori yang ada. Salah satu gim yang berhasil menggaet banyak perhatian dan respon positif adalah A Space for the Unbound, yang dikembangkan dan diproduksi oleh Mojiken Studio & Toge Production dari Indonesia.  Gim ini berhasil menyabet banyak penghargaan internasional dengan menggunakan gaya visual pixel art, disertai pemilihan setting negara Indonesia pada era tahun 90-an. Begitu banyak elemen di dalam gim ini yang menarik perhatian para konsumen, salah satunya adalah setting negara Indonesia yang disertai berbagai karakter yang relatable, latar belakang cerita yang menarik, gimplay yang mudah dimengerti dan berbagai elemen lainnya. Elemen-elemen inilah yang menarik untuk dibedah lebih lanjut lebih mendalam untuk mengetahui elemen desain apa saja yang memiliki pengaruh besar terhadap kesuksesan A Space for the Unbound. Analisis dilakukan secara kualitatif deskriptif untuk semua elemen desain yang akan ditemukan dalam gim. Penguraian elemen-elemen desain visual dibedah dengan pendekatan mimesis milik Plato, yang kemudian diperdalam oleh pendekatan karakter Holistik milik Mounsey untuk menelaah elemen lain di belakang penciptaan sebuah karakter, seperti cerita dan sifat karakter serta penerimaan oleh konsumen.

References

F. Fauzhan, E. Alvian, S. Andreanto, and N. Amzy, “Analisis Elemen Visual Game ‘ Pamali ’ Dengan Menggunakan Pendekatan Teori Mimesis Plato” vol. 2, no. 02, pp. 89–95, 2020.

A. Ahmad, D. K, “Analisis Gim Edukasi Menggunakan Pendekatan Playcentric approach,” Jurnal Titik Imaji. vol. 4, pp. 65–75, 2021.

I. Maulana, “Nilai Kerukunan Beragama dalam Game Lokal A Space for the Unbound,” Islami.co, 2023. https://islami.co/nilai-kerukunan-beragama-dalam-game-lokal-a-space-for-the-unbound/.

D. K. Salamoon and C. Muljosumarto, “Analisis Visual Warna Pada Game Post Apocalyptic,” vol. 06, no. 01, pp. 18–31, 2020, [Online]. Available: http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa/article/view/3232/1853.

I. R. Andelina, “Kajian Desain Karakter Persona 4 Berdasarkan Pendekatan Archetype Dan Manga Matrix,” Narada Jurnal Desain dan Seni, vol. 7, no. 1, p. 61, 2020, doi: 10.22441/narada.2020.v7.i1.005.

Galih, Review A Space for the Unbound, Realita Kehidupan Berbalut Piksel. 2023. https://hybrid.co.id/post/review-a-space-for-the-unbound/ diakses pada 28 Februari, 2023.

A. Bowling. 2023. A Space for The Unbound Review. RPG Fan. https://www.rpgfan.com/review/a-space-for-the-unbound, diakses pada 10 Februari 2023.

T. Zufri, O. Frans, and D. Hilman, “Pixel Art for Game Character Design,” J. Games, Game Art Gamification, vol. 07, no. 01, pp. 27–31, 2022.

J. Prestiliano, D. P. Sarisih, and B. S. Utami, “Analisis dan Perancangan Asset Game Rumah dan Pakaian Adat Bali Berbasis Pixel Art 2D,” J. Adat dan Budaya Indonesia, vol. 1, no. 2, 2020, doi: 10.23887/jabi.v2i2.26458.

E. I. Amalia, Cerita di Balik Pembuatan A Space for the Unbound, Hybrid, Gadget and Technology, 2023. https://hybrid.co.id/post/cerita-di-balik-pembuatan-a-space-for-the-unbound/.

R. Wismiron, A Space for the Unbound, Gim Lokal Teratas di Steam, Media Indonesia, 2023. https://mediaindonesia.com/teknologi/553960/a-space-for-the-unbound-gim-lokal-teratas-di-steam.

Pandu Rukmi Utomo, Krishna Hutama, and Yan Yan Sunarya, “Imersi Dan Nostalgia Dalam Game a Space for the Unbound,” J. Seni dan Reka Ranc. J. Ilm. Magister Desain, vol. 5, no. 1, pp. 55–80, 2022, doi: 10.25105/jsrr.v5i1.15276.

I. R. Andelina, “Analisis Perubahan Desain Karakter Dalam Gim Final Fantasy VII Remake,” Dimensi DKV. DKV Seni Rupa dan Desain, vol. 6, no. 1, pp. 75–92, 2021.

Downloads