Kajian Struktur Bentuk dan Ruang pada Karya Komposisi 2 Dimensi Sebagai Media Peningkatan Pemahaman Estetika
DOI:
https://doi.org/10.37802/candrarupa.v3i2.799Keywords:
Estetika, Komposisi, Metode Berkarya, Tata RupaAbstract
Pada proses studi mata kuliah Komposisi 2 Dimensi di tahun pertama dalam sistem pendidikan tinggi Seni Rupa dan Desain di Universitas Kristen Maranatha mahasiswa-mahasiswi mendapat kesempatan untuk mengeksplorasi sejauh mungkin kemampuan dasar pemahaman bentuk estetis yang didapat dari penggabungan bentuk dasar dengan bentuk pengambangan dengan berbagai proses diantaranya proses imajinasi dan proses abstraksi. Pada proses penciptaan tugas Komposisi 2 Dimensi sebagai sebuah studi hampir dipastikan mahasiswa - mahasiswi akan selalu berinteraksi dengan berbagai unsur visual yang terkait pemahaman struktur, ruang, bentuk untuk mencapai tujuan yaitu pemahaman estetika bentuk. Untuk menemukan makna penting dari proses tersebut maka proses dan metode pengerjaan karya Komposisi 2 Dimensi menjadi bagian yang sangat penting sebagai panduan dan evaluasi karya. Diharapkan melalui proses tersebut mahasiswa-mahasiswi dapat menyadari pentingnya memiliki pemahaman tentang estetika
References
Wahyuni, S. (2015). Desain Komunikasi Visual: Madura. UTM Press.
Sofyan Salam, Sukarman, Hasnawati, dan Muh. Muhaimin (2020). Pengetahuan Dasar Seni Rupa: Makassar. Badan Penerbit UNM.
Heince Andre Maahury, M. ArsAndi Andre Pratama Putra, (2024). Buku Ajar Estetika Bentuk: Sukoharjo. Tahta Media Group.
Destri Natalia, Elsa Magdalena, Andry Pranata, Nicolhas Jurdy Wijaya. (2022). Filsafat dan Estetika Menurut Arthur Schopenhauer. Clef: Jurnal Musik dan Pendidikan Musik. 3 (2). Hal. 61-77. https://doi.org/10.51667/cjmpm.v3i2.1111.
A. Matius, Estetika Sebuah Pengantar Filsafat Keindahan. Jakarta: Sanggar Luxor, 2009.
D. S. Kartika, Pengantar Estetika. Bandung: Rekayasa Sain, 2004.
S. E. Sanyoto, Dasar Dasar Tata Rupa & Desain (Nirmana). Yogyakarta: Arti Bumi Intaran, 2005.
B. Pangarso, Teknik Pendekatan Desain: Bentuk Estetik Arsitektural. Yogyakarta: Kanisius, 2014.
Dyah Gayatri Puspitasari, James Darmawan (2014). Modifikasi Pembelajaran Desain Dasar (Nirmana) Bagi Program Studi Animasi. Humaniora. 5(2). Hal. 685-697. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3124
L. J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.
D. Daryanto, Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrma Widya.
Downloads
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 CandraRupa : Journal of Art, Design, and Media
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.