Potensi Media Pendukung Belajar Pra-Aksara Berbasis Augmented Reality Dalam Meningkatkan Literasi Digital Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.37802/candrarupa.v3i2.820Keywords:
pra-aksara, augmented reality, media edukasi, literasi baca-tulisAbstract
Teknologi informasi dan komunikasi di era transformasi digital mengalami perkembangan pesat—termasuk pada area edukasi di pendidikan usia dini yang sebagian besar mulai mengembangkan modul ajar berbasis digital. Namun, perkembangan ini belum selaras dengan meratanya tingkat kecakapan digital di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi buku berbasis teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran pra-aksara yang dapat meningkatkan literasi digital pada anak usia dini. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan analisis data deskriptif, termasuk kuesioner, wawancara, observasi, dan studi literatur. Responden penelitian adalah guru di PG/TK Al Hasan Islamic Preschool, Kota Bandung, dengan analisis data dilakukan menggunakan metode Toulmin. Penelitian ini menunjukkan bahwa buku berbasis augmented reality dapat menjadi media pembelajaran yang menarik dan efektif untuk meningkatkan literasi digital anak usia dini, dengan mempertimbangkan karakteristik dan kebutuhan perkembangan mereka. Namun, pencermatan terhadap kecakapan literasi digital pengajar pun perlu untuk terus ditingkatkan agar tetap selaras dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era transformasi digital.
References
D. Hartanti and M. Kurniawan, "Buku Literasi Augmented Reality sebagai Media Pendukung Pembelajaran Aspek Keaksaraan AUD," Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, [Online]. Tersedia: https://web.archive.org/web/20220309091428/. [Diakses: Mar. 9, 2024]. DOI: 10.31004/obsesi.v6i4.2042.
S. Rahmadini, "Studi Komparasi Maskot-Maskot Non-Manusia dalam Menggambarkan Citra Institusi di Media Sosial," Candrarupa, vol. 2, no. 2, pp. 1-1, Oct. 2023. doi: 10.37802/candrarupa.v2i2.446.
D. S. Pratiwi, A. A. Widiastuti, and M. M. Rahardjo, "Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini di Lingkungan RW 01 Dukuh Krajan Kota Salatiga," [Online]. Tersedia: https://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/view/1568 . [Diakses: Mar. 10, 2024].
K. Oakes, "Mulai Umur Berapa Seharusnya Anak-Anak Boleh Memiliki Ponsel?," BBC Future, 15 Okt. 2022. [Online]. Tersedia: https://www.bbc.com/indonesia/articles/c16x03y1ggdo. [Diakses: Mar. 22, 2024].
S. Toulmin, The Uses of Argument, 2nd ed. Cambridge: Cambridge University Press, 2003.
"Ibu, Kenali 5 Tanda-Tanda Anak Terlambat Membaca," HaloDoc, 22 Okt. 2023. [Online]. Tersedia: https://www.halodoc.com/artikel/ibu-kenali-5-tanda-tanda-anak-terlambat-membaca. [Diakses: Mar. 18, 2024].
"7 Stimulasi Sensori yang Perlu Diperhatikan untuk Tumbuh Kembang Anak," HaiBunda, 30 Sep. 2023. [Online]. Tersedia: https://www.haibunda.com/parenting/20230921211830-61-317217/7-stimulasi-sensori-yang-perlu-diperhatikan-untuk-tumbuh-kembang-anak#:~:text=Dikutip%20dari%20Healthline%2C%20stimulasi%20sensori,anak%20berkembang%20dan%20saling%20terhubung. [Diakses: Mar. 20, 2024].
Y. D. Carolina, "Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif 3D untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Digital Native," SMA Negeri 2 Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, [Online]. Tersedia: https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/448 . [Diakses: Oct. 5, 2024].
A. K. Dewi and M. S. Maulani, "Persepsi Audiens Terhadap Logo 'Pempek Nyonya Kamto'," Candrarupa, vol. 3, no. 1, pp. 1-1, Mar. 2024. doi: [10.37802/candrarupa.v3i1.634](https://doi.org/10.37802/candrarupa.v3i1.634).
H. A. Spires, "Critical Perspectives on Digital Literacies: Creating a Path Forward," Media and Communication, vol. 7, no. 2, pp. 1-3, Jun. 2019. DOI: 10.17645/mac.v7i2.2209.
N. A. Dewi, "Apa itu Augmented Reality (AR): Pengertian, Contoh, Kelebihan, Kekurangan, & Cara Kerjanya," [Online]. Tersedia: https://www.sekawanmedia.co.id/blog/pengertian-augmented-reality/ . [Diakses: Feb. 26, 2024].
N. L. Rochmah, S. Martono, and D. Y. Yurisma, "Perancangan Media Interaktif Berbasis Augmented Reality Sejarah Trowulan Untuk Anak Sekolah," Candrarupa, vol. 3, no. 1, pp. 1-1, Mar. 2024. doi: 10.37802/candrarupa.v3i1.664.
Budiartawan, "Apa itu Augmented Reality," [Online]. Tersedia: https://upttik.undiksha.ac.id/apa-itu-augmented-reality/ . [Diakses: Feb. 26, 2024].
A. Wiharto and C. Budihartanti, "Aplikasi Mobile Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Hardware Komputer Berbasis Android," [Online]. Tersedia: https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/387/418 . [Diakses: Mar. 22, 2024].
A. K. Dewi and Y. A. Piliang, "Konsep Gerak pada Gambar: Kajian Faktor-Faktor Pembentuk Unsur Visual Konsep Gerak Untuk Menarik Atensi Audiens," Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA), vol. 2, pp. 31-37, Feb. 2019.
Downloads
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 CandraRupa : Journal of Art, Design, and Media
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.