Aplikasi Visualisasi Tingkat Polusi Debu Pada Udara Bebas Di Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Pasuruan Jawa Timur

Authors

  • Ivan Surya Prinnatama Universitas Dinamika
  • Teguh Sutanto Universitas Dinamika
  • Endra Rahmawati Universitas Dinamika

DOI:

https://doi.org/10.37802/joti.v2i2.109

Keywords:

Aplikasi, Visualisasi, Polusi Debu, Udara Bebas.

Abstract

Lapan Pasuruan atau Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer merupakan suatu lembaga yang mengamati ruang dan atmosfer yang berada di Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Pemantauan tingkat pencemaran debu adalah bagian dari aktivitas mereka. Saat ini, informasi tentang tingkat polusi debu tidak dapat divisualisasikan dan disajikan bila diperlukan. Hal ini tentunya menurunkan kualitas informasi dari dimensi waktu. Informasi tentang polusi debu tidak akan berguna jika terlambat diberikan. Penerapan pemantauan tingkat pencemaran debu dapat membantu untuk membuat dan menyajikan informasi tingkat pencemaran debu serta dapat memberikan pesan peringatan dini dan menyampaikan kepada pihak yang membutuhkan melalui email apabila tingkat pencemaran debu telah melewati batas aman, sehingga dapat dilakukan pengambilan keputusan dengan segera.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Airpollution, "Partikulat (PM 2.5, PM 10, TSP)," 2014. [Online]. Available: https://airpollution2014.weebly.com/dampak-pencemaran-udara---partikulat/partikulat-pm-25-pm-10-tsp. [Accessed 19 Agustus 2019].

A. Widianjaya, R. N. Handoko, D. Firmanda, A. Y. Ardiansyah and R. W. Pradita, "“Green Map� Sistem Monitoring Dan Peta Visualisasi Distribusi Kualitas Udara Berbasis Web," in Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional Program Kreativitas Mahasiswa- Karsa Cipta 2014 (PIMNAS PKM-KC), Jakarta, 2014.

E. D. Corporation, "EPAM-5000 Enviromental Particulate AirMonitoring," 2019. [Online]. Available: https://environmentaldevices.com/epam-5000/. [Accessed 19 Agustus 2019].

N. Arminarahmah, M. Rasyidan and Z. , "Desain Dan Implementasipengukur Kualitas Udara Pm10 Berbasis Mikrokontroller," JTIULM, vol. 2, no. 1, hal. 31-37, Juni 2017.

G. Suhariyono, M. Saeni and A. Bey, "Analisis Tingkat Bahaya Partikel Debu Pm10 dan Pm25 Terhadap Kesehatan Penduduk Di Sekitar Pabrik Semen Citeureup Bogor," in Prosiding Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Penelitian Dasar Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Nuklir, P3TM-BATAN Yogyakarta, 8 Juli 2003.

K. Aisyiah, S. and I. N. Latra, "Pemodelan Konsentrasi Partikel Debu (PM10)pada Pencemaran Udara di Kota Surabaya dengan Metode Geographically-Temporally Weighted Regression," Jurnal Sains Dan Seni Pomits 2337-3520(2301-928X Print), vol. 2, no. 1, 2014.

R. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku 1, Yogyakarta: ANDI, 2015.

Downloads