Game Edukasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.37802/joti.v1i1.11Keywords:
construct 2, game edukasi, gempa bumi, penyelamatan korban bencana gempaAbstract
Indonesia merupakan kawasan dengan kondisi Tektonik yang cukup aktif di dunia dan merupakan tempat pertemuan 3 lempeng dunia yang menjadikan Indonesia sebagai kawasan yang rawan gempa bumi. Gempa bumi Aceh tahun 2004, Gempa Bumi Jogja tahun 2006 dan Gempa Bumi Padang tahun 2009 merupakan beberapa gempa yang menewaskan ribuan korban jiwa dan menghancurkan banyak bangunan. Gempa bumi merupakan fenomena alam yang tidak dapat kita hindari, banyaknya korban jiwa akibat gempa bumi dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap gempa bumi khususnya anak-anak. Maka dari itu dirasa perlu untuk mengajarkan kepada anak-anak tentang siaga bencana di sekolah melalui sebuah game. Tujuan penulis membuat game edukasi mitigasi gempa bumi agar anak - anak lebih mudah mendapat informasi tentang gempa bumi dan mengetahui bagaimana upaya yang tepat untuk meminimalkan resiko akibat gempa bumi. Penulis menggunakan metode SDLC dengan model Waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah game edukasi mitigasi bencana gempa bumi, yang dibuat menggunakan Construct 2. Game ini telah diuji menggunakan System Usability Scale (SUS) dan dapat berjalan dengan baik tanpa adanya kendala.