Rancang Bangun Web Aplikasi Pergi Bareng Sebagai Media Perencanaan Perjalanan dan Komunikasi Menggunakan Metode Agile Berbasis Cloud Computing

Authors

  • R Dimas Adityo Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Ragil Prasetiyo Universitas Bhayangkara Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37802/joti.v2i2.110

Keywords:

Metode Agile, Extreme Programming, Rancang Bangun Web Aplikasi, Pergi Bareng

Abstract

PERGI BARENG merupakan sistem aplikasi yang dikembangkan untuk menampung suatu bentuk perencanaan perjalanan dan komunikasi yang dilakukan oleh para penggiat perjalanan, sehingga suatu rencana perjalanan dapat dilakukan secara bersamaan atau bersama-sama. Pengembangan sistem aplikasi berjalan seiring menggunakan metode agile dengan pendekatan model Extreme Programming (XP). Proses penyebaran tercepat sesuai dengan kebutuhan pengembangan sistem, platform komputasi awan digunakan sebagai media penyebaran. Pengembangan sistem dilakukan dalam beberapa tahap pengembangan yaitu tahap perencanaan, perancangan, pengembangan (coding), dan pengujian yang dilakukan sesuai dengan prinsip metode agile. Hasil pengujian alpha menjelaskan bahwa secara keseluruhan sistem yang dibangun telah berhasil atau diterima, karena secara fungsional sistem dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Dari hasil pengujian beta variabel efisiensi sebesar 88%, variabel efektif 83%, dan variabel kepuasan 87%. Berdasarkan pengujian terhadap 3 indikator tersebut didapatkan nilai usability sistem sebesar 85%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perancangan sistem aplikasi berjalan bersama menggunakan metode agile dengan pendekatan Extreme Programming cocok untuk para penggiat wisata. Diperlukan pengembangan sistem lebih lanjut agar sistem dapat berjalan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1] H. dkk Tolle, Jual Buku Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak - Kota Malang - Toko Buku Ub Press | Tokopedia. Malang: Universitas Brawijaya Press , 2017.
[2] R. Dimas Adityo and H. Miawarni, “Penerapan Aplikasi Billing P.O.S (Point Of Sales) Berbasis Komputasi Awan Bagi Pengelola Restoran / Rumah Makan Dengan Memanfaatkan Device IoT(Internet Of Thing) Di Kab.Probolinggo Jatim,� Oct. 2018.
[3] Janner Simarmata, Rekayasa Web - Janner Simarmata - Google Buku. Yogyakarta: Andi Offset , 2010.
[4] Raharjana Indra Karisma, Pengembangan Sistem Informasi Menggunakan Metodologi Agile | Yogyakarta : Deepublish. Yogyakarta: Universitas Brawijaya Press, 2017.
[5] R. S. Pressman, Software Engineering A Practitioner’s Approach (SEVENTH)| New York. New York: MC Graw Hill Education, 2010.
[6] I. Gusti, Merancang Aplikasi dengan Metodologi Extreme Programmings | Jakarta. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2017.
[7] A. H. (2013). R. B. S. I. A. B. U. S. Sidiq, Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Beasiswa Uin Sunan Kalijaga Menggunakan Pendekatan Agile Process Dengan Model Extreme Programming| Jakarta. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013

Downloads