Eco Sampah Berbasis Android

Authors

  • Nunuk Wahyuningtyas Universitas Dinamika
  • Titik Lusiani Universitas Dinamika
  • Pradita Maulidya Effendi Universitas Dinamika

DOI:

https://doi.org/10.37802/joti.v2i2.111

Keywords:

Eco Sampah, Pengepul Sampah, Aplikasi Android

Abstract

Pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat di setiap tahunnya dapat menyebabkan permasalahan kompleks yang berdampak pada lingkungan di Kota Surabaya. Salah satunya adalah masalah pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh sampah. Ada beberapa masyarakat Kota Surabaya yang masih membuang sampah disembarang tempat. Hal itu disebabkan karena kurangnya kepedulian masyarakat terhadap sampah, serta adanya masyarakat yang belum mengetahui lokasi tempat sampah terdekat. Berdasarkan hal tersebut maka dirancanglah suatu aplikasi informasi tempat sampah terdekat berbasis android dengan menggunakan sistem layanan berbasis lokasi. Layanan berbasis lokasi merupkan sebuah layanan informasi yang dapat diakses dengan perangkat bergerak melalui jaringan dan mampu menampilkan posisi secara geografis yang berfungsi untuk mengidentifikasi lokasi seseorang atau objek tertentu. Aplikasi ini menghubungkan penghasil sampah rumah tangga, rumah industri, rumah sakit maupun penghasil sampah lainnya dengan pengepul lokal terdekat untuk menjual dan mengelola sampah dengan cepat. Aplikasi tersebut dapat digunakan sebagai sarana untuk menambah dan mencari lokasi tempat pembuangan sampah yang terdekat dari lokasi pengguna yang dapat diakses dengan menggunakan android dimana saja dan kapanpun. Aplikasi tersebut dapat memberikan informasi tentang sampah yang dihasilkan oleh perusahaan maupun rumah tangga sehingga dapat membantu pengolahan sampah serta transaksi jual beli sampah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nugroho panji, 2013. Panduan membuat kompos cair. Jakarta: pustaka baru press.

Lianandari, Putri. (2011). Menjadi Jutawan Dari Sampah Plastik: Menyulap Sampah Plastik Menjadi Kreasi Unik dan Cantik. Yogyakarta: Araska.

Suwerda, B. (2012). Bank Sampah (Kajian Teori dan Penerapan) Disertai Penerapan Bank Sampah “Gemah Ripah� di Dusun Badegan Bantul. Yogyakarta: Pustaka Rihama

Amit Kushwaha, Vineet Kushwaha. 2011. Location Based Services using Android Mobile Operating System. International Journal of Advances in Engineering & Technology. Vol. 1,Issue 1,(March 2011): 14-20.

Badrul Anwar, Hendra Jaya, Putra Indra Kusuma, “Implementasi Location Based Service Berbasis Android Untuk Mengetahui Posisi User“, Jurnal SAINTIKOM Vol.13, No. 2, Mei 2014, ISSN : 1978-6603

Safaat H, Nasrudin. 2011. Pemrograman Aplikasi Mobile Smarthphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika

Downloads