Rancang Bangun Website Informasi Pemesanan Lapangan Olahraga

Authors

  • Michael Randicha G.S Universitas Ciputra Surabaya
  • Yuwono Marta Dinata Universitas Ciputra Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37802/joti.v2i2.119

Keywords:

Lapangan olahraga, Laravel, pemesanan

Abstract

Pada saat ini, olahraga tidaklah lagi hanya menjadi cara untuk meningkatkan kesehatan jasmani, akan tetapi sudah menjadi gaya hidup di masyarakat. Pemerintah kota Surabaya telah membangun dan menyediakan 403 lapangan olahraga yang dapat digunakan secara gratis, hal ini menunjukkan semangat masyarakat surabaya untuk sehat dengan berolahraga didukung oleh pemerintah kota Surabaya. Maka dari itu, hal ini merupakan suatu peluang bagi pebisnis untuk dapat mengelola lapangan olahraga secara professional. Berdasarkan pada survey yang telah dilakukan, peminat olahraga memiliki kendala dimana lapangan penuh ketika ingin dipesan, pemesanan hanya dapat dilakukan secara langsung atau hanya melalui telepon, dan mereka tidak ingin datang ke tempat olahraga hanya untuk melakukan pemesanan. Maka dari itu,  dilakukan penelitian dan perancanaan dalam pembuatan sebuah sistem informasi pengelolaan dan pemesanan lapangan olahraga, sistem informasi ini akan menggunakan framework berbasis bahasa pemrograman PHP yaitu Laravel. Berdasarkan pada pengujian yang telah dilakukan, aplikasi telah berhasil dalam melakukan pengecekan dan validasi terhadap data masukan. Aplikasi dapat dinyatakan berjalan dan berfungsi dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Membahagiakan Warga Dengan Fasilitas Olahraga. (2018, October 26). (Kompas) Retrieved from Kompas: https://biz.kompas.com/read/2018/10/26/082923928/membahagiakan-warga-dengan-fasilitas-olahraga

Afuan, L., & Ipung, P. (2013). Rancang Bangun Sistem Informasi Laboratorium (SILAB). Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi 4 2013 (pp. 26-32). Purwokerto: Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Fakultas Teknik.

Cleverism. (2015, February 9). Business Model Canvas: A Complete Guide. Retrieved from Cleverism: https://www.cleverism.com/business-model-canvas-complete-guide/

Elmasri, R. A., & Navathe, S. B. (2010). Fundamentals of Database Systems, 6th Edition. Pearson.

A. Hidayatullah, S. J. Putra and I. Qoyim, "Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Program," Studi Informatika: Jurnal Sistem Informasi, vol. 7, no. 2, pp. 1-8, 2014.

R. A. Elmasri and S. B. Navathe, Fundamentals of Database Systems, 6th Edition, Pearson, 2010

V. Ayu, "Pemodelan Proses Pemilihan Rute pada Protokol Babel dengan," Media Teknika Jurnal Teknologi, vol. 12, no. 1, pp. 58-66, 2017.

"What is Use Case Diagram?," [Online]. Available: https://www.visual-paradigm.com/guide/uml-unified-modeling-language/what-is-use-case-diagram/.

T. Setiadi, "Pembangunan Sistem Informasi Layanan Pelanggan," SPEKTRUM INDUSTRI, vol. 10, no. 1, pp. 31-37, 1 April 2012.

Downloads