Aplikasi Manajemen Aset Berbasis Web pada SMA HangTuah 4 Surabaya

Authors

  • endra rahmawati Universitas Dinamika
  • Rahmat Julianto Putra Universitas Dinamika
  • Nunuk Wahyuningtyas Universitas Dinamika

DOI:

https://doi.org/10.37802/joti.v3i1.171

Keywords:

Aplikasi, Manajemen Aset, Aset Tetap

Abstract

Inventaris aset tetap yang ada di SMA Hang Tuah 4 Surabaya dikelola oleh Bagian Wakasapras (Wakil Kepala Sekola Sarana dan Prasarana). Pendataan aset yang dilakukan oleh Wakasapras terdiri dari penerimaan aset, perbaikan aset, perawatan asset dan penghapusan asset. Semua proses terseut saat ini masih dilakukan secara manual yaitu dengan dicatat di dalam buku dan di Microsoft Excel untuk kemudian disimpan ke dalam flashdisk. Proses pencataan seperti itu membutuhkan waktu untuk melakukan pencarian asset dan kesulitan mengetahui data asset apa saja yang perlu dilakukan perawatan/perbaikan asset. Hal ini mengakibatkan jumlah kisaran biaya yang harus dianggarkan oleh pihak sekolah untuk keperluan pengelolaan asset sulit untuk diketahui. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah sistem Aplikasi Manajemen Aset Berbasis Web yang dapat mengatasi proses pengelolaan asset dan menghasilkan laporan hasil pengelolaan asset secara periodik setiap bulan. Hasil pengujian aplikasi tersebut 92.8% dapat berjalan dengan baik secara uji coba fungsional menggunakan Blak Box Testing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Wahyuni, Pengantar Manajemen Aset. Makassar: Nas Media Pustaka, 2020.

Sansan, “Kode Barang dan Fungsinya dalam Persediaan,” Keysoft Web, 2019. https://keysoft.co.id/kode-barang-fungsinya-dalam-persediaan/.

F. . Riovaldo, Maisyaroh, and A. Sunandar, “Penaksiran Nilai Aset dan Manajemen Aset Di Sekolah Menengah Kejuruan,” JAMP J. Adm. dan Manaj. Pendidik., vol. 1, no. September, pp. 156–166, 2012.

J. Ariska et al., “Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Aset Sekolah Menggunakan Teknik Labelling QR Code ( Studi Kasus : Man 2 Model Pekanbaru ),” J. Rekayasa Dan Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 127–136, 2016.

W. Mudiar and U. Hidayat, “Sistem Informasi Manajemen Asset Berbasis Web Pada Perbanas Institute,” Inf. Manag. Educ. Prof., 2019.

F. Sani, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Aset dan Inventaris SMK N 7 Padang,” Universitas Negeri Padang, 2014.

R. D. S. Poetro, “Sistem Informasi Aset berbasis Web Studi Kasus SD Negeri 1 Gatak Delanggu,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.

J. Riyanto, “Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Aset Pada Universitas Pamulang Berbasis Web,” J. Inform. Univ. Pamulang, 2019.

S. R. Vallabhaneni, Wiley CIAExcel Exam Review 2015, Part3: Internal Audit Knowledge Elements. Canada: John Willey & Sons., 2015.

Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: ANDI, 2015.

Downloads