Perancangan Strategi Digital Marketings Dengan Metode Race Pada Layanan Online Food Delivery Berdasarkan Perilaku Pelanggan Generasi Z

Authors

  • Ayouvi Poerna Wardhanie Universitas Dinamika
  • Althov Zhorif Naufal Universitas Dinamika
  • Sri Hariani Eko Wulandari Universitas Dinamika

DOI:

https://doi.org/10.37802/joti.v3i1.187

Keywords:

E-business, Strategi Pemasaran Digital, Perilaku Konsumen, Online Food Delivery

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi khususnya di Indonesia menyebabkan munculnya praktik e-business baru yaitu OFD (Online Food Delivery) yang banyak diminati masyarakat karena membuat proses pemesanan makanan menjadi lebih hemat biaya dan efektif, karena makanan tiba tepat saat dibutuhkan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk merancang strategi pemasaran digital RACE berbasis perilaku pelanggan dengan studi kasus pada pengguna layanan OFD Go-Food dan GrabFood di Surabaya. Tahapan digital marketing RACE terbagi menjadi 4 tahapan yaitu Reach, Act, Convert and Engage, sedangkan customer behavior memiliki 10 elemen yang dapat digunakan untuk mengukur perilaku customer yaitu Motivasi, Gaya Hidup, Persepsi Konsumen, Pembelajaran, Sikap, Komunikasi, Kelompok Rujukan, Keluarga, Kelas Sosial, dan Budaya. Dalam penelitian ini Go-Food dan GrabFood digunakan sebagai objek penelitian karena saat ini sebagai pemimpin segmen OFD untuk kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan total sebanyak 100 responden dan teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah SEM (Structural Equation Modeling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tahap Reach dipengaruhi oleh keluarga, Tahap Act dipengaruhi oleh persepsi konsumen, komunikasi, dan sikap, Tahap Convert dipengaruhi oleh kelompok rujukan, dan motivasi, Tahap Engage dipengaruhi oleh budaya, gaya hidup, kelompok rujukan keluarga, kepribadian, komunikasi, pembelajaran, persepsi konsumen, dan sikap.

Downloads

Download data is not yet available.

References

CNBC Indonesia. (2019, Oktober 7). Alasan Gojek & Grab Genjot Bisnis GoFood dan GrabFood. Dipetik April 8, 2020, dari https://www.cnbcindonesia.com/tech/20191007141721-37-104960/alasan-gojek-grab-genjot-bisnis-gofood-dan-grabfood

Marketeers. (2018, Januari 13). Meraba Masa Depan Layanan Food Delivery Startup di Indonesia. Dipetik April 16, 2020, dari Marketeers: https://marketeers.com/meraba-masa-depan-layanan-food-delivery-startup-di-indonesia/

Badan Ekonomi Kreatif. (2018). Mapping & Database Startup Indonesia 2018. Indonesia: MIKTI dan Teknopreneur Indonesia. Dipetik April 10, 2020

Suryani, T. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet (1 ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Setiawan, F. T., Suharjo, B., & Syamsun, M. (2018, September). Strategi Pemasaran Online UMKM Makanan (Studi Kasus di Kecamatan Cibinong). Manajemen IKM, 13, 116-126. Dipetik April 22, 2020, dari https://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalmpi/article/view/24546/130203

Teixeira, S., Branco, F., Oliveira, M., Moreira, F., Goncalves, R., Cota, M., & Jorge, F. (2018). Main Factors in the Adoption of Digital Marketing in Startups. INESCTEC. Dipetik Februari 14, 2020, dari http://repositorio.inesctec.pt/handle/123456789/9615

Bisri, M. H. (2018). Perancangan Strategi Digital Marketing Dengan Metode Sostac Pada Stratup Qtaaruf. Diambil kembali dari Repository Dinamika: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3285/

Agnes, J. (2016). Perancangan Strategi Online Marketing Berbasis Media Sosial Pada Perusahaan Eiden. Jurnal Peforma, 1. Diambil kembali dari https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/342

SmartInsight. (2018). RACE Planning Framework. Dipetik April 19, 2020, dari Smart Insights: https://www.smartinsights.com/tag/race-planning-system/

IDN Times. (2019, Februari 19). Millennials Kecanduan Pesan Antar Makanan, Hemat Waktu atau Malas? (P. Cahya, Produser) Dipetik Mei 19, 2020, dari IDN Times: https://www.idntimes.com/food/dining-guide/putriana-cahya/millennials-kecanduan-pesan-antar-makanan-hemat-waktu-atau-malas/7

Downloads