Analisis Deskriptif Perilaku Konsumen Shopee: Technology Acceptance Model (TAM)

Authors

  • Herlina Universitas Bunda Mulia
  • Johanes Fernandes Andry Universitas Bunda Mulia
  • Filbert Marcellus Susanto Universitas Bunda Mulia

DOI:

https://doi.org/10.37802/joti.v4i2.318

Keywords:

Aplikasi Mobile, Perilaku Pengguna, Technology Acceptance Model, Shopee

Abstract

Shopee merupakan salah satu perusahaan e-commerce dari Singapura. Shopee sebagai salah satu apliasi e-commerce mobile dimana para pengguna aplikasi dapat melakukan kegiatan menjelajah, jual maupun beli secara praktis dan cepat serta bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun melalui aplikasi yang berada didalam perangkat mobile yang dimiliki. Ada beberapa faktor yang wajib dipenuhi oleh aplikasi agar tercipta layanan lingkungan berbelanja yang mudah dan aman. Walaupun nama Shopee sendiri bisa dibilang terkenal dan sudah memiliki nama yang besar, tentunya akan tetap ada kemungkinan pengguna aplikasi merasa dikecewakan oleh layanan yang diberikan oleh aplikasi. Dalam usaha untuk meningkatkan kenyaman serta keamanan dalam menggunakan aplikasi mobile Shopee maka perusahaan perlu melakukan pengukuran untuk mengetahui faktor mana yang akan memberikan pengaruh terhadap sikap penerimaan para pengguna aplikasi. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif, pengambilan sampel secara random sampling sehingga jumlah sampel sebanyak 41 responden dan data penelitian ini merupakan data sekunder. Hasil penelitian ini perilaku pengguna Shopee masuk dalam katagori yang sangat bagus meliputi Perceived ease to use (85,73%), Perceived usefulness (84,55%), Trust (81,14%), Behaviour intention to use (80,98%), Attitude toward using (83,17%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. L. Fithri, A. P. Utomo, and F. Nugraha, “Pemanfaatan E-Commerce Populer Untuk Optimalisasi,” J. Simetris, vol. 8, no. 2, pp. 819–824, 2017.

Herlina and D. Widyaningrum, “Menakar Kecenderungan Perilaku Impulse Buying Belanja Online Generasi Millenial pada Masa Covid-19,” Formosa J. Multidiscip. Res., vol. 1, no. 3, pp. 481–492, 2022.

Herlina, J. Loisa, and T. M. S. Mulyana, “Pengaruh model promosi flash sale terhadap minat pembeli dan keputusan pembelian di market place online,” J. Ilm. MEA (Manajemen, Ekon. dan Akuntansi), vol. 5, no. 2, pp. 1637–1652, 2021.

M. Suyanto, “Strategi Pengiklanan Pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia,” no. January. 2003.

D. Irmawati, “Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis,” Orasi Bisnis, vol. VI, no. November, pp. 95–112, 2011.

B. Jeremy, “Retail In Crisis: These Are The Changes Brick-And-Mortar Stores Must Make,” Forbes. pp. 1–6, 2014.

Herlina, J. Loisa, and T. D. Mulyana, “Dampak flash sale countdown timer di marketplace online pada keputusan pembelian dengan minat beli sebagai intervening,” J. Digismantech, vol. 1, no. 1, pp. 11–17, 2021.

Riyanto Galuh Putri, “Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta,” Kompas.Com. pp. 1–1, 2021.

Y. Lee, K. A. Kozar, and K. R. T. Larsen, “The Technology Acceptance Model: Past, Present, and Future,” Commun. Assoc. Inf. Syst., vol. 12, no. December, 2003, doi: 10.17705/1cais.01250.

T. Teo, “Is there an attitude problem? Reconsidering the role of attitude in the TAM: Colloquium,” Br. J. Educ. Technol., vol. 40, no. 6, pp. 1139–1141, 2009, doi: 10.1111/j.1467-8535.2008.00913.x.

B. G. Ferdira et al., “Menggunakan Technology Acceptance Model ( Tam ),” J. Sist. Inf. Dan Tenologi, 2018.

F. D. Davis, “User acceptance of information technology: system characteristics, user perceptions and behavioral impacts,” International Journal of Man-Machine Studies, vol. 38, no. 3. pp. 475–487, 1993, doi: 10.1006/imms.1993.1022.

Sufa’atin, R. Lubis, and F. Boy, “Analisis Perilaku Pengguna Pada Website Sistem Informasi Akademik Universitas Xyz Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam),” Semnasteknomedia Online, vol. 5, no. 1, pp. 1–2, 2017.

Y. Yulistia, “Analisis Pengaruh Efektivitas Dan Manfaat E-Commerce Terhadap Sikap Dan Perilaku Pengguna Dengan Menggunakan Metode TAM (Studi Kasus: UKM Kota Palembang),” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 4, no. 1, pp. 93–100, 2017, doi: 10.35957/jatisi.v4i1.91.

J. R. Batmetan, “Evaluasi Model Penerimaan pada E-Commerce Menggunakan Metode TAM,” pp. 1–6, 2018, doi: 10.31219/osf.io/aswx9.

N. Fiyah, N. A. Mayangky, S. Hadianti, and D. Riana, “Analisis Technology Acceptance Model Pada Aplikasi Platform Perdagangan Elektronik Di Kalangan Mahasiswa,” J. Tek. Inform., vol. 12, no. 1, pp. 59–68, 2019, doi: 10.15408/jti.v12i1.10507.

E. Japarianto and S. Adelia, “Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee,” J. Manaj. Pemasar., vol. 14, no. 1, pp. 35–43, 2020, doi: 10.9744/pemasaran.14.1.35-43.

D. I. Hajati, “Pengaruh Technology Acceptance Factors, Website Service Quality, dan Specific Holdup Cost, Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Platform Shopee.Co.Id (Studi Pada Mahasiswa Politeknik Kotabaru),” J. Ris. Inspirasi Manaj. dan Kewirausahaan, vol. 4, no. 2, pp. 91–96, 2020, doi: 10.35130/jrimk.v4i2.101.

Y. Oktapiani, M. Rosario, and A. Nehemia, “Analisis Minat Penggunaan Aplikasi Brimo Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model ( TAM ),” Ilm. Mhs. Sist. Inf., vol. 2, no. 3, pp. 249–260, 2020.

E. A. Sukma, M. Hadi, and F. Nikmah, “Pengaruh Technology Acceptance Model (Tam) Dan Trust Terhadap Intensi Pengguna Instagram,” J. Ris. Ekon. dan Bisnis, vol. 12, no. 2, p. 112, 2019, doi: 10.26623/jreb.v12i2.1659.

M. Siri, Fitriyani, and A. Herliana, “Analisis Sikap Pengguna Paytren Menggunakan Technology Acceptance Model,” J. Inform., vol. 4, no. 1, pp. 66–75, 2017.

N. Dalimunthe, Rianto, and A. Adawiyah, “Analisis Penerimaan Pengguna Aplikasi Revenue Assurance Pembenahan Data Pelanggan (PDP) Menggunakan Metode Tam,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 6, no. 2, pp. 155–160, 2020.

F. Ardiyanto and H. Kusumadewi, “Pengintegrasian Technology Acceptance Model (TAM) dan Kepercayaan Konsumen pada Marketplace Online Indonesia,” J. Inspirasi Bisnis dan Manaj., vol. 3, no. 2, p. 177, 2020, doi: 10.33603/jibm.v3i2.2659.

A. Setiawan, “Penerapan Modifikasi Technology Acceptance Model (TAM) Dalam E-Business,” J. Manaj. dan Pemasar. Jasa, vol. 10, no. 2, pp. 171–186, 2017.

V. D. Nurmalia, “Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Minat Beli Secara Online,” Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Minat Beli Secara Online, pp. 69–76, 2018.

A. Christian, “Evaluasi Penerapan Inventory System Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam),” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 15, no. 1, pp. 119–124, 2019, doi: 10.33480/pilar.v15i1.401.

M. Fransisca, “Pengujian Validitas, Praktikalitas, dan Efektivitas Media E-Learning di Sekolah Menengah Kejuruan,” VOLT J. Ilm. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 2, no. 1, p. 17, 2017, doi: 10.30870/volt.v2i1.1091.

F. Yusup, “Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif,” J. Tarb. J. Ilm. Kependidikan, vol. 7, no. 1, pp. 17–23, 2018, doi: 10.18592/tarbiyah.v7i1.2100.

Herlina, D. Widyaningrum, and G. Theotista, “Tipologi Financial Technology Paylater : Technology Acceptance Model ( TAM ) Tipologi Financial Technology Paylater : Model Penerimaan Teknologi ( TAM ),” Formosa J. Multidiscip. Res., vol. 2, no. 1, pp. 207–216, 2023.

Downloads