Sistem Informasi Penggajian Rider Di Mini Station Ninja Xpress Sidoarjo

Authors

  • Arif Muhammad Rizal Universitas Narotama Surabaya
  • Lukman Junaedi Universtias Narotama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37802/joti.v5i1.337

Keywords:

Extreme Programming, Penggajian, Sistem Informasi

Abstract

Produk sistem informasi sangat dibutuhkan di era perkembangan teknologi pada masa sekarang. Adanya suatu sistem informasi dapat menggantikan suatu sistem perhitungan manual yang telah diterapkan sejak bertahun-tahun lamanya, salah satu contohnya yaitu Sistem Informasi Penggajian. Sistem informasi yang berkaitan dengan ilmu akuntansi gaji dan upah tersebut telah diadaptasi oleh beberapa perusahaan besar di Indonesia, tetapi pada PT. Andiarta Muzizat (Ninja Xpress) yang bergerak di jasa pengiriman paket belum sepenuhnya mengadaptasi atau menerapkan Sistem Informasi Penggajian khususnya untuk rider (kurir). Maka dari itu dibutuhkan suatu Sistem Informasi Penggajian yang dapat menghitung secara cepat dan rinci perihal penggajian para rider (kurir) di setiap bulannya. Penerapan Sistem Informasi Penggajian kali ini diterapkan di salah satu cabang dari Ninja Xpress yaitu Mini Station Ninja Xpress Sidoarjo. Dengan menggunakan metode Extreme Programming (XP) yang menerapkan proses pendekatan pengembangan sistem informasi dengan tahapan planning (perencanaan), design (perancangan), coding (testing), dan testing (pengujian). Hasil akhir dari penelitian ini berupa suatu Sistem Informasi Penggajian yang dapat menghitung secara detail pendapatan setiap rider (kurir) mulai dari gaji kotor, bonus rider, dan gaji bersih yang diterima oleh rider (kurir) di setiap bulannya dalam format web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL.

Downloads

Download data is not yet available.

References

J. S. P. Tyoso, Sistem informasi manajemen. Deepublish, 2016.

M. Hasbialloh and D. A. Jakaria, “Aplikasi Penjualan Barang Perlengkapan Hand Phone di Zildan Cell Singaparna Kabupaten Tasikmalaya,” J. Manaj. dan Tek. Inform., vol. 1, no. 1, 2018.

M. Riestiana, “Sistem Informasi Penggajian Karyawan Pada Commenditaire Vennontschap (CV) RGL Bordir Dan Konveksi Pacitan,” Speed-Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, vol. 6, no. 4, 2013.

S. Suryanto, “Design and Analysis: Payroll of Accounting Information System,” CommIT (Communication Inf. Technol. J., vol. 5, no. 1, pp. 24–26, 2011.

R. Rahmawati, S. A. Naftali, N. Zukhriyah, I. O. D. Brata, and S. G. Arnan, “Design Management Accounting System for Village-Owned Enterprises,” J. Accounting, Financ. Taxation, Audit., vol. 1, no. 2, pp. 74–83, 2019.

A. Yunusa, “Impact of Integrated Personnel Payroll Information System on Employees Satisfaction in Kogi State,” Int. J. Public Adm. Manag. Res., vol. 6, no. 6, pp. 17–27, 2021.

Y. A. Rindri, R. Ferdiana, and R. Hartanto, “Developer Payroll Approaches for Startup Environment Based on Agile Project Management,” Procedia Comput. Sci., vol. 161, pp. 66–73, 2019.

I. Aprinawati, “Penggunaan model peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan pemahaman membaca wacana siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 2, no. 1, pp. 140–147, 2018.

A. K. Kusrini and A. Koniyo, “Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server,” Yogyakarta Andi Offset, 2007.

M. A. Chilton, “Data modeling using entity relationship diagrams: A step-wise method,” J. Inf. Syst. Educ., vol. 17, no. 4, p. 385, 2006.

Downloads