Game Motorik : Aritmatika Step

Authors

  • Arif Purnomo Program Studi Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Endah Sudarmillah Program Studi Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.37802/joti.v2i1.45

Keywords:

Game, edukasi, matematika, 2D, motorik, dancepad

Abstract

Perkembangan Game di dunia semakin pesat, termasuk di Indonesia. Game sering digunakan sebagian orang sebagai sarana hiburan ataupun pendidikan anak-anak, dewasa, pria maupun wanita. Seringnya seseorang memaikan Game khususnya anak-anak membuat mereka melupakan belajar dan tumbuh kembang motorik. Penelitian ini bertujuan untuk merangsang minat anak belajar matematika melalui Game edukasi dan meransang tumbuh kembang motorik anak. Game ini dibuat menggunakan aplikasi platform 2D dengan dancepad sebagai kontroler pada Game dengan menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan model waterfall. Hasil penelitian ini berupa Game motorik aritmatika step. Pada Game ini terdapat 4 level dan memiliki soal-soal yang berbeda pada setiap levelnya. Pengujian Game dilakukan dengan uji Black box dan metode System Usability Scale (SUS), dengan 30 responden menghasilkan score SUS sangat baik yaitu 79,5 sehingga Game dapat diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads