Evaluasi Desain Antarmuka Pengguna pada Website Broadband Learning Center Menggunakan Metode Innovation Difussion Theory - Technology Acceptance Model (IDT-TAM)

Authors

  • Rizky Arya Febriawan Program Studi Sistem Informasi Universitas Dinamika
  • Puspita Kartikasari Program Studi Sistem Informasi Universitas Dinamika

DOI:

https://doi.org/10.37802/joti.v2i1.50

Keywords:

metode IDT-TAM, desain antarmuka, Broadband Learning Center

Abstract

Broadband Learning Center (BLC) adalah sarana pembelajaran komputer dan internet gratis bagi warga surabaya berbasis web. Selama digunakannya website ini belum pernah dilakukan evaluasi melalui feedback dari pengguna, sebagai upaya untuk mengetahui dampak dari sistem yang ada pada website BLC dalam proses pembelajaran dibidang teknologi informasi dan komputer melalui respon yang diberikan oleh masyarakat. Solusi yang diberikan adalah dengan menganalisis dan mengevaluasi website berdasarkan feedback dari pengguna dengan metode Innovation Difussion Theory (IDT) – Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini menggunakan sampel sebesar 100 responden dari pengguna aplikasi BLC. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data dengan metode IDT-TAM diperoleh hasil bahwa variabel faktor yang berinteraksi berpengaruh terhadap kegunaan sistem informasi, variabel faktor yang berinteraksi dan variabel kondisi objektif berpengaruh terhadap kemudahan yang dirasakan, selanjutnya variabel kemudahan yang dirasakan berpengaruh terhadap penggunaan saat ini. Dari hasil análisis dan evaluasi data selanjutnya disusun sebuah rekomendasi berupa tahapan redesign pada tampilan antarmuka website BLC.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads