Pengembangan Sistem Monitoring Pasang Surut Air Laut Untuk Perancangan Pengembangan Sebuah Pelabuhan

Authors

  • Muhammad Ifti Suwarso Teknik Elektro, Universitas Tidar
  • Ibrahim Nawawi Teknik Elektro, Universitas Tidar
  • Johan Pamungkas Teknik Elektro, Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.37802/joti.v5i2.573

Keywords:

Internet of Things, Pasang Surut, QoS, Ultrasonic

Abstract

Pasang surut air laut, yang merupakan naik turun periodik permukaan laut, memiliki hubungan yang erat dengan pengembangan sebuah pelabuhan. Hubungan ini memengaruhi beberapa aspek dalam perencanaan, konstruksi, dan operasional pelabuhan. Pengembangan pelabuhan memerlukan pemahaman yang mendalam tentang karakteristik pasang surut di wilayah tersebut dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi operasional serta infrastruktur pelabuhan yang direncanakan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem monitoring pasang surut air laut di pelabuhan menggunakan mikrokontroller ESP32 Cam yang memiliki kamera agar dapat memonitoring dengan jarak jauh sepenuhnya dan sensor ultrasonic HC-SR04 untuk mengukur elevasi permukaan air laut. Sistem ini dirancang untuk memberikan informasi real-time tentang tinggi air laut dan memfasilitasi pengembangan pelabuhan. Selain itu, penelitian ini juga menerapkan metode Quality of service (QoS) untuk menguji dan memastikan kualitas konektivitas dalam pengiriman data dari sensor ke device pengguna. Dalam pengujian menggunakan metode QoS, parameter seperti delay, jitter, throughput, dan packet loss akan dievaluasi. Data hasil pengukuran QoS akan dianalisis untuk memastikan bahwa sistem dapat memberikan informasi dengan akurasi dan keterandalan yang tinggi dalam kondisi berbagai skenario. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem pengukuran pasang surut air laut dengan rentang 0-300 cm yang hasilnya ditampilkan pada thinkspeak dengan kamera pada ESP32 Cam yang berguna untuk memonitoring perubahan kondisi lingkungan selama pemantauan pasang surut yang terkoneksi secara LAN. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan teknologi monitoring pasang surut air laut yang handal dan efisien untuk keperluan pengelolaan pelabuhan. Selain itu, penerapan metode QoS diharapkan dapat meningkatkan performa koneksi dan keandalan sistem, memastikan bahwa informasi yang diterima oleh pengguna memiliki kualitas yang optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

O. Rokhimaturrizki, Pengetahuan Tentang Lautan, Pertama ed., Surabaya: CV Media Edukasi Creative, 2022.

S. Gusty, F. E. Lapian, T. Tamim, Masyur, M. Tumpu , M. Syarif, M. Y. Rayniti, P. R. Rangan and A. Kusuma, Teknik Sipil (Sebuah Pengantar), Makassar: CV Tohar Media, 2022.

A. Sufyan, R. Akhwandy, J. Risandi and V. Y. Indrisari, "Kajian Pasang Surut dan Arus Di Muara Untuk Pengembangan Pelabuhan Satui, Kalimantan Selata," Jurnal Kelautan, Vol. 14, No. 3, pp. 284-290, 2021.

I. G. Y. Adyana Puspita Riana, N. I. N. Arthana and N. W. Nurwasih, "Perencanaan Dan Perancangan Pelabuhan Penumpang Wisata Di Labuhan Lalang, Desa Sumberklampok, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng," UNDAGI: Jurnal Ilmiah Arsitektur Universitas Warmadewa, Vol. 9, No. 12, pp. 360-370, 2021.

I. K. Missa, L. A. S. Lapono and A. Wahid, "RANCANG BANGUN ALAT PASANG SURUT AIR LAUT BERBASIS ARDUINO UNO DENGAN MENGGUNAKAN SENSOR ULTRASONIK HC-SR04," Jurnal FIsika: Fisika Sains dan Aplikasinya, Vol. 3, No. 2, pp. 102-105, 2018.

P. Y, I. S. S and Q. A. H. HR, "Sistem Pemantauan Suhu dan Kelembaban Ruangan Secara Real-time Berbasis Web Server," Journal of Technology and Informatics (JoTI), Vol. 1, No. 1, pp. 56-60, 2019.

P. R. Utami, "Analisis Perbandingan Quality of Service Jaringan Internet Berbasis Wireless Pada Layanan Internet Service Provider (ISP) Indihome dan First Media," Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa, Vol. 25, No. 2, pp. 125-137, 2020.

W. T. Pratama, S. A. Wibowo and N. Vendyansyah, "Sistem Monitoring Remote Paviliun Pada Pasien Isolasoi Covid Berbasis LoRa IoT," Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, Vol. 6, No. 1, pp. 309-316, 2022.

P. Aristo, D. M. Saputri and B. Pramukti, "Analisis Full WIdth At Half Maximum dan Koordinat LED Pada Sistem Berbasis VLC di Dalam Ruangan," e-Proceeding of Engineering, Vol. 6, No. 2, pp. 3232-3239, 2019.

M. Purwahid and J. Triloka, "Analisis Quality od Service (QoS) Jaringan Internet Untuk Mendukung Rencana Strategis Infrastruktur Jaringan Komputer Di SMK N 1 Sukadana," JTKSI, Vol. 2, No. 3, pp. 100-109, 2019.

R. Sahid, Saniman and Elfitriani, "Implementasi Teknik Duplex pada Hospital Delivery Assistant Robot untuk Pasien Penyakit Menular Berbasis ESP32-CAM," Jurnal Cyber Tech, Vol. 1, No. 4, pp. 246-255, 2021.

F. Puspasari, I. Fahrurrozi, T. P. Satya, G. Setyawan, M. R. Al-Fauzan and E. M. D. Admoko, "Sensor Ultrasonik HCSR04 Berbasis Arduino Due untuk Sistem Monitoring Ketinggian," Jurnal FIsika dan Aplikasinya, Vol. 15, No. 2, pp. 36-39, 2019.

Downloads