Perancangan E-Commerce Distributor Clothing Company Berdasarkan Product Knowledge

Authors

  • Nisa Eridiar Universitas Dinamika
  • Tan Amelia Universitas Dinamika
  • Ayouvi Poerna Wardhanie Universitas Dinamika

DOI:

https://doi.org/10.37802/joti.v6i1.654

Keywords:

website, e-commerce, UAT, product knowledge, SDLC Model Waterfall

Abstract

E-commerce merupakan salah satu inovasi pemanfaatan internet yang dapat membantu dalam proses jual beli suatu bisnis. Pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia yang serba digital saat ini, harus didukung pula oleh ketersediaan informasi yang akurat dan sesuai dengan kebutuhan konsumennya. Sebelum melakukan pembelian, biasanya konsumen akan mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait produk atau jasa yang akan dibeli sehingga adanya product knowlegde dalam sebuah aplikasi khususnya e-commerce adalah hal yang sangat penting. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah e-commerce yang menekankan pada ketersediaan secara lengkap product knowledge yang dibutuhkan konsumen. Adapun metode yang digunakan untuk merancang e-commerce ini menggunakan System Development Life Cycle (SDLC) model Waterfall. Proses SDLC model air terjun ini dipilih karena memiliki proses berurutan dan membuat pengerjaan terjadwal dengan baik. Website diuji menggunakan User Acceptance Testing (UAT) yang dilakukan dengan pemilik dan sales selaku pengelola Toko Bismillah Distributor, serta data pendukung seperti wawancara dan kuesioner kepada konsumen yang masing-masing membutuhkan 7 orang dan 30 sampel. Hasil implementasi variabel product knowledge yang terdapat pada fitur-fitur di dalam e-commerce Toko Bismillah Distributor antara lain variabel mutu produk pada halaman profil berupa deskripsi keunggulan produk, variabel kandungan produk pada detail produk (ukuran, warna, dan bahan produk) dan variabel penyampaian informasi pada halaman kontak, halaman cara belanja, halaman profil, ulasan dan rating. Pengujian UAT menunjukkan website e-commerce dapat digunakan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Wirapraja and H. Aribowo, “Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Solusi Inovasi Dalam Menjaga Sustainability Bisnis,” Teknika, vol. 7, no. 1, pp. 66–72, 2018.

S. Sulistiowati, E. Sutomo, and F. Aditya, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Online Pada UMKM Riot Safe Menggunakan Gamification,” J. Technol. Informatics, vol. 5, no. 1, pp. 15–24, 2023.

A. Basyir, “Pengaruh fashion lifestyle dan pengetahuan produk terhadap minat beli (studi terhadap konsumen batik tulis madura al-fath KKG Bangkalan),” J. Pendidik. Tata Niaga(JPTN), vol. 7, no. 3, pp. 564–570, 2019.

N. Chasanah, “Penerapan Customer Knowledge Management pada e-commerce Butik Gendis Fashion Muslim,” J. Pendidik. dan Teknol. Indones., vol. 1, no. 3, pp. 131–140, 2021.

A. Nirwana, A. Supriyanto, and A. Wardhanie, “Evaluasi Usability, Pedagogical dan User Experience My Brilian Menggunakan Metode Tuxel,” J. Technol. Informatics, vol. 4, no. 1, pp. 7–12, 2022.

A. P. Wardhanie, A. Z. Naufal, and S. H. Eko Wulandari, “Perancangan Strategi Digital Marketings Dengan Metode Race Pada Layanan Online Food Delivery Berdasarkan Perilaku Pelanggan Generasi Z,” J. Technol. Informatics, vol. 3, no. 1, pp. 1–11, 2021.

A. Putu Candra et al., “Sistem Informasi Penjualan Online Thrift Shop Berbasis Web,” J. Technol. Informatics, vol. 5, no. 2, pp. 116–124, 2024.

E. Murni, D. Diniati, M. Mustakim, I. Kusumanto, and A. Anwardi, “Perancangan Dan Implementasi Sistem Website E-commerce Dalam Bisnis Bakery Upaya Meningkatkan Penjualan Dan Pemasaran Menggunakan Metode Waterfall Pada Pabrik Prima Sari Bakery,” J. Rekayasa Sist. Ind., vol. 7, p. 122, 2020.

Ayuningtyas, M. Calvin Gunawan, S. Rafi Zulfitra, I. Bintang Pratama, and A. Arfiansyah Juniawan, “Rancang Bangun Website untuk Administrasi Warga Gubeng Kertajaya Surabaya untuk mendukung Penerapan Smart City,” J. Technol. Informatics, vol. 4, no. 1, pp. 1–6, 2022.

D. Xu, C. Ruan, E. Korpeoglu, S. Kumar, and K. Achan, “Product knowledge graph embedding for E-commerce,” WSDM 2020 - Proc. 13th Int. Conf. Web Search Data Min., pp. 672–680, 2020.

Julianti and Y. Aini, “Pengaruh Online Costumer Review Dan Online Costumer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Online Marketplace (Studi Mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian),” J. Ilm. Cano Ekon., vol. 11, no. 2, pp. 51–58, 2022.

S. W. Diah I. P and N. I. K. Wardhani, “Pengaruh Kualitas Website Dan Hedonic Shopping Terhadap Impulse Buying E-Commerce Blibli Di Surabaya,” Sci. J. Reflect. Econ. Accounting, Manag. Bus., vol. 6, no. 1, pp. 215–227, 2023.

Agustino; and Syaifullah, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Product Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt Long Time.,” J. EMBA, vol. 8, no. 1, pp. 627–636, 2020.

P. Elsya and R. Indriyani, “The Impact of Product Knowledge and Product Involvement to Repurchase Intention for Tupperware Products among Housewives in Surabaya, Indonesia,” SHS Web Conf., vol. 76, p. 01037, 2020.

Downloads