Petunjuk Penulis

PETUNJUK PENGAJUAN NASKAH

 

PERSYARATAN UMUM: 

Naskah yang diajukan belum pernah diterbitkan dan tidak sedang dalam proses evaluasi publikasi lain; telah mendapat persetujuan dari ko-penulis, jika ada, sebagai pihak yang sama-sama bertanggung jawab terhadap naskah. Penerbit tidak akan bertanggung jawab terhadap klaim atau permintaan kompensasi terhadap hal-hal yang berkaitan dengan naskah. Naskah hendaknya dikirim melalui menu submission pada Jurnal Society : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat dengan alamat https://e-journals.dinamika.ac.id/index.php/society/about/submissions. Naskah yang diajukan harus dalam kondisi baik, diketik di atas kertas A4 putih, memakai satu spasi. Batas kertas, kanan, kiri, atas, bawah 3 cm. Panjang naskah sebaiknya tidak melebihi 10 halaman termasuk tabel dan gambar.

 

RUANG LINGKUP: 

Jurnal ini memuat hasil pelaksanaan program pangabdian dan pemberdayaan masyarakat. Hasil pelaksanaan program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat dibahas secara komprehensif serta bertujuan memberi informasi tentang pengabdian kepada masyarakat.

 

PENYIAPAN NASKAH 

 

BAHASA: 

Jurnal memuat artikel dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang baik (abstrak dan kata kunci). Pemakaian istilah mengikuti KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

 

BENTUK NASKAH:

Naskah disusun dalam urutan sebagai berikut: judul tulisan, nama penulis, asal institusi serta email, abstrak bahasa Indonesia dan Inggris (250 kata) dan kata kunci (bahasa Indonesia dan Inggris), pendahuluan, metode pelaksanaan, hasil dan pembahasan, kesimpulan, ucapan terimakasih (bila ada) diakhiri dengan daftar pustaka menggunakan referensi management tool (Mendeley).

 

JUDUL NASKAH: 

Judul harus singkat, faktual dan informatif, yang mencerminkan secara tepat isi naskah. Judul tidak boleh lebih dari 16 kata.

 

NAMA PENULIS: 

Nama penulis serta nama lembaga (institusi) tempat kerja penulis disertai email dicantumkan di bawah judul. Bila penulis lebih dari seorang maka penulisan namanya mengikuti kode etik penulisan. 

 

ABSTRAK: 

Abstrak merupakan ringkasan elemen-elemen terpenting dari naskah, ditulis dalam satu paragraf tidak lebih dari 250 kata. Abstrak harus dapat menggambarkan dengan ringkas mengenai masalah, tujuan penulisan, metode pelaksanaan, hasil dan pembahasan, serta kesimpulan. Hindari singkatan dan referensi di dalam abstrak.

 

KATA KUNCI: 

Minimal tiga sampai enam kata kunci yang terdiri atas satu kata atau gabungan kata yang menunjukkan subjek-subjek utama di dalam naskah dan ditulis sesuai urutan abjad.

 

PENDAHULUAN: 

Pendahuluan berisi deskripsi tentang analisis situasi atau kondisi obyektif subyek pengabdian (mitra), isu dan fokus pengabdian, alasan memilih subyek pengabdian, dan perubahan sosial yang diharapkan atau tujuan pengabdian masyarakat. Pendahuluan dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf dan disitasi dengan pustaka yang relevan.

 

PEMBAHASAN: 

Berisi deskripsi tentang hasil dari proses pengabdian masyarakat, yaitu penjelasan tentang dinamika proses pendampingan (ragam kegiatan yang dilaksanakan, bentuk-bentuk aksi yang bersifat teknis atau aksi program untuk memecahkan masalah komunitas). Juga menjelaskan munculnya perubahan sosial yang diharapkan, misalnya munculnya pranata baru, perubahan perilaku, munculnya pemimpin lokal (local leader), dan terciptanya kesadaran baru menuju transformasi sosial, dan sebagainya.

 

KESIMPULAN DAN SARAN: 

     Kesimpulan harus mengindikasi secara jelas hasil-hasil yang diperoleh, kelebihan dan kekurangannya, serta kemungkinan pengembangan selanjutnya. Kesimpulan dapat berupa paragraf, namun sebaiknya berbentuk point-point dengan menggunakan numbering atau bullet.

 

UCAPAN TERIMA KASIH (BILA ADA): 

Ditujukan kepada pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan kegiatan atau pendanaan.

 

SATUAN PENGUKURAN: 

Satuan ukuran di dalam teks dan grafik memakai sistem metrik, misalnya dalam satuan mikron, mm, cm, km, untuk panjang; cm3, liter untuk volume; dan g, kg, ton untuk berat. Pemakaian satuan pikul, kuintal, dan lain sebagainya supaya dihindari.

 

TABEL: 

Tabel hendaknya diberi judul singkat tetapi jelas dengan catatan secukupnya, termasuk sumber tabel jika tabel merujuk pada referensi lain, sehingga setiap tabel mampu menjelaskan informasi yang disajikan secara mandiri. Setiap tabel diberi nomor secara berurutan dan diulas di dalam teks.

 

GAMBAR DAN GRAFIK: 

Gambar dan grafik harus dijelaskan secara informatif. Seperti halnya pada tabel, keterangan pada grafik harus mencukupi agar dapat disajikan secara mandiri. Gambar dan grafik harus diulas dalam teks. Foto hitam putih atau berwarna hendaknya mempunyai kualitas yang baik.

 

DAFTAR PUSTAKA: 

Daftar Pustaka disusun menggunakan Aplikasi Mendeley, Citation Style: APA (American Physicological Association).  Jumlah daftar pustaka minimal 10 buah. Pustaka primer dari beberapa penulis diharapkan lebih banyak daripada pustaka sekunder. Kebaruan pustaka diupayakan 10 tahun terakhir.  

 

MEKANISME SELEKSI NASKAH

Redaksi melakukan koreksi dan perbaikan serta mengubah format sesuai dengan sifat jurnal yang informatif tanpa mengubah arti dari naskah. Redaksi akan mengembalikan naskah kepada penulis untuk diperbaiki sesuai dengan hasil koreksi redaksi serta naskah yang tidak dapat diterima dengan alasan sesuai dengan keputusan Dewan Redaksi. Penulis diharapkan segera mengembalikan perbaikan naskah agar dapat diterbitkan pada waktunya.

 

PANDUAN SUBMISSION WEBSITE JURNAL

Berikut panduan untuk melakukan submission artikel pada Jurnal Society : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (Unduh).