Rancang Bangun Website untuk Administrasi Warga Gubeng Kertajaya Surabaya untuk mendukung Penerapan Smart City

Authors

  • Ayuningtyas Universitas Dinamika
  • Marcellinus Calvin Gunawan Universitas Dinamika
  • Sahrul Rafi Zulfitra Universitas Dinamika
  • Ilham Bintang Pratama Universitas Dinamika
  • Aldian Arfiansyah Juniawan Universitas Dinamika

DOI:

https://doi.org/10.37802/joti.v4i1.238

Keywords:

Administrasi, Smart City, Smart Government, Website

Abstract

Surabaya merupakan salah satu kota yang telah siap menerapkan dimensi-dimensi yang membentuk Smart City. Salah satu dimensi adalah Smart Government, dimana salah satunya adalah otomatisasi administrasi warga Surabaya dalam pengurusan surat ijin atau surat keterangan. Warga dan pengurus RT/RW yang mempunyai kesibukan masing-masing kesulitan untuk bertemu ketika warga membutuhkan untuk membuat surat ijin atau surat keterangan. Pembangunan website aplikasi untuk administrasi ini, dapat mengatasi masalah tersebut karena warga yang membutuhkan tinggal membuka website dan mengisi data yang dibutuhkan kemudian pengurus RT/RW akan mengesahkan dan mengembalikan ke warga tanpa harus bertemu. Hal ini bisa dilaksanakan kapan saja, dimana saja, dan dengan alat apa saja selama terhubung ke internet. Hasil uji coba black box testing dan uji coba warga menunjukkan bahwa website ini berjalan dengan baik sesui dengan rancangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

L. Rizkinaswara, “Mengenal Lebih Dekat Konsep Smart City dalam Pembangunan Kota,” Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (APTIKA), 2020. [Online]. Available: https://aptika.kominfo.go.id/2020/10/mengenal-lebih-dekat-konsep-smart-city-dalam-pembangunan-kota/. [Accessed: 13-Jun-2022].

K. Priscilla, “6 Terobosan Surabaya Jadi Smart City,” Liputan6.com, 2019. [Online]. Available: https://surabaya.liputan6.com/read/4093424/6-terobosan-surabaya-jadi-smart-city. [Accessed: 06-Jun-2022].

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Nomenklatur Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Provinsi dan Kabupaten/Kota. Jakarta: Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, 2020.

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 5 Tahun 2007 tentang Pedoman Penataan Lembaga Kemasyarakatan. Jakarta: Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, 2007.

Menteri Desa. Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan D. Jakarta: Kementerian Keuangan Republik Indonesia, 2020.

Jusniati, “Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Berbasis Web Studi Kasus Kantor Kelurahan Bontokamase Kabupaten Bulukumba,” Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar., 2019.

G. R. Febriantyo and P. Purwatiningtyas, “Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Kelurahan Mugassari Semarang Berbasis Web,” in Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu dan Call For Papers, 2018.

S. W. Handoyo, “Manajemen Kearsipan Modern,” Pemasar. Jasa Kearsipan, vol. 53, no. 9, pp. 8–24, 2016.

admin Web Development, “Importance of Website for Business in 2022,” Blog Star Knowledge, 2021. [Online]. Available: https://star-knowledge.com/blog/importance-of-website-for-business/. [Accessed: 15-Jun-2022].

I. Sommerville, Software engineering (10th edition). Pearson Education Limited, 2016.

Downloads