Evaluasi Usability, Pedagogical dan User Experience My Brilian Menggunakan Metode Tuxel

Authors

  • Andreansyah Nirwana Universitas Dinamika
  • Antok Supriyanto Universitasn Dinamika
  • Ayouvi Wardhanie

DOI:

https://doi.org/10.37802/joti.v4i1.244

Keywords:

Pedagogik, Pembelajaran Elektronik, Pengalaman Pengguna, Test Kegunaan, TUXEL

Abstract

Universitas Dinamika memiliki e-Learning berbasis Moodle bernama My Brillian yang dapat di akses mahasiswa dan dosen. Berdasarkan hasil wawancara, sejak tahun 2018 akhir My Brilian dikembangkan, belum terdapat evaluasi mendalam untuk mengetahui kualitas sistem yang digunakan. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas sistem My Brilian dari persepsi mahasiswa sebagai pengguna.  Penelitian ini menggunakan metode TUXEL yang digunakan khusus untuk mengevaluasi suatu e-Learning dengan menggunakan tiga kuesioner, yaitu tabel pelaporan masalah, evaluasi LMS umum, dan kuesioner pengalaman pengguna. Penelitian dilakukan terhadap 12 responden dari berbagai fakultas, hasil usability inspection ditemukan 26 masalah dimana permasalah paling banyak pada login. Pada tahap pedagogical usability inspection ditemukan 26 permasalahan dimana paling banyak pada Help and Documentation. Pada tahap evaluasi user experience, dapat ditemukan nilai persepsi pengguna yang positif. Pada analisis hierarki kebutuhan pengguna, My Brilian dinilai cukup baik untuk menunjang kegiatan pembelajaran, namun kurang reliabel karena sering mengalami kendala teknis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Kumar Basak, M. Wotto, and P. Bélanger, “E-learning, M-learning and D-learning: Conceptual definition and comparative analysis,” E-Learning and Digital Media, vol. 15, no. 4, pp. 191–216, Jul. 2018, doi: 10.1177/2042753018785180.

N. M. Y. Suranti, G. Gunawan, A. Harjono, and A. Ramdani, “The Validation of Learning Management System in Mechanics Instruction for Prospective Physics Teachers,” Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, vol. 6, no. 1, pp. 99–106, Apr. 2020, doi: 10.29303/jpft.v6i1.1745.

W. Nakamura, E. Oliveira, and T. Conte, “TUXEL: A Technique for User eXperience Evaluation in e-Learning,” in Anais dos Workshops do VII Congresso Brasileiro de Informática na Educação (CBIE 2018), Nov. 2018, vol. 1, p. 52. doi: 10.5753/cbie.wcbie.2018.52.

J. M. Six and R. Macefield, “How to determine the right number of participants for usability studies,” San Francisco (CA): UXmatters, 2016.

D. Indrawan and S. R. Jalilah, “Metode Kombinasi/Campuran Bentuk Integrasi Dalam Penelitian,” 2021, doi: 10.30605/jsgp.4.3.2021.1452.

A. Joyce, “Help and Documentation: The 10th Usability Heuristic,” Nielsen Norman Group, Dec. 13, 2020. https://www.nngroup.com/articles/help-and-documentation/ (accessed Jun. 13, 2022).

M. Schrepp, “User Experience Questionnaire Handbook,” 2019, doi: 10.13140/RG.2.1.2815.0245.

Aarron. Walter, Designing for emotion. A Book Apart/Jeffrey Zeldman, 2011.

S. P. Anderson, Seductive interaction design : creating playful, fun, and effective user experiences. New Riders, 2011.

Downloads