Analisis Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT) Terhadap Penerimaan Adopsi Teknologi E-Learning Pada Fitur Video Conference Di Kalangan Mahasiswa Kampus Baru (Studi Kasus: ITTelkom Surabaya)

Authors

  • Nabillah Monica Hidayat Sistem Informasi, Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Muhammad Nasrullah Sistem Informasi, Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Noerma Pudji Istyanto Sistem Informasi, Institut Teknologi Telkom Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37802/joti.v4i1.258

Keywords:

Adopsi Teknologi, E-learning, UTAUT, PLS-SEM, Video Conference

Abstract

Pentingnya sebuah adopsi teknologi dalam penerimaan dan pemanfaatan teknologi di perguruan tinggi dengan melihat faktor-faktor yang mempengaruhi serta dapat memberikan rekomendasi. Dilakukan Analisa faktor-faktor penerimaan adopsi teknologi e-learning pada fitur video conference dengan menguji hubungan antar variabel pada model penelitian ini. Pendekatan kuantitatif digunakan melalui skema purposive sampling untuk teknik pengolahan data, serta pendekatan PLS-SEM di Smart PLS 3.0 kepada 200 responden. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa variabel faktor sosial dan ekspektasi kinerja mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap minat pengguna untuk memanfaatkan fitur video conference. Variabel kondisi fasilitas berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku penggunaan fitur video conference. Minat pemanfaatan juga mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap perilaku penggunaan e-learning pada fitur video conference sebagai media pembelajaran online di masa pandemi. Selain itu, peneliti juga melakukan pengolahan data terhadap analisis demografi bukan sebagai variabel moderasi serta tidak menjadi bagian dari instrumen kuisioner.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M.Husaini, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Audit Investigatif,” Audit. A J. Pract. Theory, Vol. 2, No. 2, Pp. 141–147, 2014.

P. C. Sun, R. J. Tsai, G. Finger, Y. Y. Chen, And D. Yeh, “What Drives A Successful E-Learning? An Empirical Investigation Of The Critical Factors Influencing Learner Satisfaction,” Comput. Educ., Vol. 50, No. 4, Pp. 1183–1202, 2008, Doi: 10.1016/J.Compedu.2006.11.007.

Firman And S. R. Rahman, “Pembelajaran Online Di Tengah Pandemi Covid-19 Firman1, Sari Rahayu Rahman1,” Indones. J. Educ. Sci., Vol. 2, No. 2, Pp. 81–89, 2020.

P. P. Hariani, S. N. Y. Wastuti, L. Mahdalena, And W. I. Barus, “Pemanfaatan E-Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19,” Biblio Couns J. Kaji. Konseling Dan Pendidik., Vol. 3, No. 2, Pp. 41–49, 2020.

O. J. F. Wassalam, R. Umar, And A. Yudhana, “Pengukuran Kesuksesan Implementasi E-Learning Dengan Metode Tam Dan Utaut,” J. Edukasi Dan Penelit. Inform., Vol. 6, No. 1, P. 122, 2020, Doi: 10.26418/Jp.V6i1.37938.

R. R. Tussardi, B. M. Izzati, And M. Saputra, “Analysis Of E-Learning Acceptance During Distance Learning Using Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (Utaut),” Jatisi (Jurnal Tek. Inform. Dan Sist. Informasi), Vol. 8, No. 2, Pp. 465–479, 2021, Doi: 10.35957/Jatisi.V8i2.767.

D. A. Abrahams, “Technology Adoption In Higher Education: A Framework For Identifying And Prioritising Issues And Barriers To Adoption Of Instructional Technology,” Vol. 2, No. 2, Pp. 34–49, 2010, Doi: Https://Doi.Org/10.1108/17581184201000012.

R. B. C. R. W. Zmud, “Information Technology Implementation Research: A Technological Diffusion Approach,” Pp. 123–139, 1990.

W. Hartanto, “Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran,” J. Pendidik. Ekon., Vol. 10, No. 1, Pp. 1–18, 2016.

R. Andrianto Pangondian, P. Insap Santosa, And E. Nugroho, “Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0,” Sainteks 2019, Pp. 56–60, 2019, [Online]. Available: Https://Seminar-Id.Com/Semnas-Sainteks2019.Html.

O. I. Handarini And S. S. Wulandari, “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (Sfh).,” J. Pendidik. Adm. Perkantoran, Vol. 8, No. 3, Pp. 465–503, 2020, [Online]. Available: File:///C:/Users/Win10/Downloads/8503-Article Text-27609-1-10-20200629 (1).Pdf.

H. A. Subekti, N. Nubaiti, M. Masilawati, And H. Fitria, “Pemanfaatan Video Conference Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Produktif Di Sekolah Menengah Kejuruan,” Pros. Semin. Nas. Progr. Pascasarj. Univ. Pgri Palembang, Pp. 427–437, 2020, [Online]. Available: Https://Jurnal.Univpgri-Palembang.Ac.Id/Index.Php/Prosidingpps/Article/View/3855.

Videoconference.Id, “Sejarah Konferensi Video - Bergerak Ke Depan Dengan Kecepatan Video,” 2019. Https://Videoconferenceid.Com/Sejarah-Konferensi-Video-Bergerak-Ke-Depan-Dengan-Kecepatan-Video/.

M. U. Fajrin And E. Tiorida, “Faktor Yang Memengaruhi Minat Perilaku Penggunaan Teknologi (Studi : Pengguna Aplikasi Video Conference Selama Physical Distancing),” Pros. 11th Ind. Res. Work. Natl. Semin., Pp. 977–984, 2020.

V.Venkatesh, M.G. Morris, G.B. Davis, “User Acceptance Of Information Technology : Toward A Unified View,” Int. Encycl. Ergon. Hum. Factors, Second Ed. - 3 Vol. Set, Vol. 27, No. 3, Pp. 425–478, 2006, Doi: 10.1201/9780849375477.Ch230.

M. Nasir, “Evaluasi Penerimaan Teknologi Informasi Mahasiswa Di Palembang Menggunakan Model Utaut,” No. 12, Pp. 36–40, 2013.

J. F. Hair, W. C. Black, B. J. Babin, R. . Anderson, And R. . Tatham, Multivariate Data Analysis (6th Edition). New Jersey: Prentice Hall, 2006.

D. Sekarini, “Faktor Penerimaan Pengguna Pada E-Learning Dari Perspektif Siswa Sekolah Dasar Berbasis Utaut Model,” Jatisi (Jurnal Tek. Inform. Dan Sist. Informasi), Vol. 8, No. 4, Pp. 1693–1709, 2021, Doi: 10.35957/Jatisi.V8i4.1257.

A. A. G. A. Yana, H. A. Rusdhi, And M. A. Wibowo, “Analysis Of Factors Affecting Design Changes In Construction Project With Partial Least Square (Pls),” Procedia Eng., Vol. 125, Pp. 40–45, 2015, Doi: 10.1016/J.Proeng.2015.11.007.

J. F. Hair, M. Sarstedt, C. M. Ringle, And J. A. Mena, “An Assessment Of The Use Of Partial Least Squares Structural Equation Modeling In Marketing Research,” J. Acad. Mark. Sci., Vol. 40, No. 3, Pp. 414–433, 2012, Doi: 10.1007/S11747-011-0261-6.

W. Mohamad, A. Bin, And W. Afthanorhan, “A Comparison Of Partial Least Square Structural Equation Modeling ( Pls-Sem ) And Covariance Based Structural Equation Modeling ( Cb-Sem ) For Confirmatory Factor Analysis,” No. February 2014, 2021.

P. T. Aji, M. Zakarijah, And Soenarto, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Dan Penggunaan E-Learning: Studi Kasus

Downloads