Pengelolaan Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Literasi Siswa di SDN 2 Putukrejo

Authors

  • Sastia Rizky Handayani - Universitas Negeri Malang
  • Zulkarnain Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.37802/society.v3i1.239

Keywords:

Literasi, Pengelolaan Perpustakaan, Perpustakaan Sekolah

Abstract

Perpustakaan sebagai wadah penyedia ilmu pengetahuan dan informasi mempunyai peranan yang penting terhadap lembaga serta masyarakat penggunanya. Perpustakaan merupakan inti dari  pelaksanaan pendidikan pada lembaga sekolah. Sedangkan fungsi utamanya yaitu sebagai pusat sumber belajar, pusat sumber informasi dan pusat bacaan rekreasi dan pengisi waktu senggang. Berdasarkan identifikasi permasalahan yang telah dilakukan di SDN 2 Putukrejo, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang ditemukan bahwa tidak tersedianya perpustakaan di SDN 2 Putukrejo. Melalui program kerja yang telah dirancang akan dilakukan beberapa tahapan untuk mengatasi permasalahan tersebut antara lain: identifikasi kebutuhan pentingnya perpustakaan sekolah, menentukan tujuan program, menentukan alat dan media yang digunakan, pelaksanaan program, dan evaluasi. Upaya pengelolaan perpustakaan sekolah di SDN 2 Putukrejo mendapat respon positif baik dari pihak sekolah maupun masyarakat sekitar. Banyak dari siswa sekolah yang senang karena mereka akhirnya memiliki tempat yang nyaman untuk dapat membaca buku bacaan. Hal ini merupakan sebagian kecil dari upaya untuk meningkatkan literasi di sekolah dengan memperbanyak referensi bacaan dan mengelola tempat yang nyaman untuk tempat membaca.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads