Pelaksanaan Kegiatan iTalk (Innovation Talk) untuk Pengembangan Pemikiran Kritis Pada Anak Usia Dini Melalui Budaya Lliterasi Membaca

Authors

  • Essy Marischa Nadia Universitas Ciputra Surabaya
  • Christye Dato Pango Universitas Ciputra Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37802/society.v2i1.174

Keywords:

iTalk (Innovation Talk), Pengabdian Kepada Masyarakat, budaya literasi membaca, berpikir kritis

Abstract

Kegiatan iTalk (Innovation Talk) ini diadakan oleh Perpustakaan Universitas Ciputra Surabaya sebagai bagian dari pendukung Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang merupakan salah satu dari tiga pilar tridharma dalam perguruan tinggi. Program studi Psikologi dipilih berdasarkan observasi perpustakaan sebagai pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat dari kelompok Keilmuan Psikologi Pendidikan sekaligus menggandeng serta Wahana Visi Indonesia sebagai mitra dalam pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Membaca merupakan hal yang mendasar di tahun pertama sekolah dasar untuk daya ingat dan kesuksesan di tahap selanjutnya. Dengan budaya literasi membaca kita dapat melakukan pengukuran bahwa sejauh mana anak-anak ini tidak bisa membaca apakah ditingkat pemula, bisa membaca tetapi tidak memahami, bisa membaca dan bisa memahami yang dibaca. Pojok baca dapat dibuat di salah satu sudut rumah maupun sekolah dimana merupakan tempat kreatif untuk anak-anak bermain dan belajar dengan berbagai macam kegiatan literasi dan juga membaca. Membaca buku juga dapat mengajarkan anak-anak untuk berpikir kritis selain memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk secara aktif terlibat dalam bacaan juga mendorong anak-anak untuk bertanya dan berdiskusi selama membaca. Adapun kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan sehari-hari bersama orang tua dalam meningkatkan minat literasi membaca sang anak yaitu membacakan buku cerita bergambar, mengajak anak berhitung, menggambar, dan membacakan dongeng untuk anak sebelum tidur.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads