Penyusunan Rancangan Kebutuhan Aplikasi Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Melalui Pendekatan PAR
DOI:
https://doi.org/10.37802/society.v2i1.167Keywords:
Aplikasi Pembelajaran, Metode PAR, Sekolah Menengah AtasAbstract
Dampak positif dari Pandemi Covid-19 adalah berkembangnya pembelajaran online di hampir semua jenjang pendidikan. Dalam pelaksanaannya, sebuah pembelajaran online memerlukan sebuah aplikasi pembelajaran. Agar aplikasi pembelajaran dapat mewadahi kebutuhan pendidik, maka tentunya harus dibangun berdasar kebutuhan pendidik, yang dijajagi dengan menggunakan Pendekatan Participatory Action Research (PAR), di mana pengusul menempatkan diri sebagai insider dan bukan sebagai outsider. Pada penyusunan desain ini, pendidik yang terlibat adalah perwakilan guru Sekolah Menengah Atas (SMA). Hasil yang didapat adalah desain aplikasi pembelajaran jenjang SMA, dengan model pembelajaran yang bersesuaian dengan kebutuhan pendidik dan peserta didik, mudah dan dapat digunakan di manapun, menjamin standar mutu tanpa mengurangi kebebasan pendidik untuk mengembangkan materi. Setelah desain aplikasi pembelajaran didapatkan, maka pendidik diminta untuk mengisi kuesioner agar diketahui kesesuaian desain aplikasi yang dibuat dengan kebutuhan pendidik. Hasil yang didapat desain aplikasi pembelajaran telah dianggap sesuai dengan kebutuhan pendidik, sehingga dapat dilanjutkan dengan rancang bangun aplikasi pembelajaran sesuai desain yang telah disepakati.
Downloads
Downloads
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Dewiyani Sunarto, Bambang Hariadi, Tri Sagirani, Tan Amelia, Julianto Lemantara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.