Pengenalan Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Authors

  • Hadma Yuliani Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Atin Supriatin Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Nur Inayah Syar Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Nadia Azizah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Nurul Septiana Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Nurul Komariyah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Masitah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37802/society.v3i1.213

Keywords:

Aplikasi WhatsApp, IPA, Pemanfaatan, Pengenalan

Abstract

Proses pembelajaran interaktif pada masa pandemi Covid-19 telah mengubah sistem pembelajaran tatap muka menjadi sistem daring (E-Learning). Dalam hal ini, perlunya pengenalan suatu media yang dapat diakses dengan mudah untuk menunjang pembelajaran daring seperti WhatsApp.  Pada pengabdian ini mempunyai tujuan agar pengajar bisa kreatif dalam pemanfaatan aplikasi sederhana WhatsApp pada mata pelajaran IPA sebagai media pembelajaran secara optimal sehingga meningkatkan keaktifan siswa. Mitra dalam pengabdian ini adalah seluruh pengajar IPA yang ada di MTs Darul Ulum Palangka Raya. Teknik pengumpulan data pada pengabdian ini menggunakan metode deskriptif. Hasil yang diperoleh dalam pengabdian ini adalah pemanfaatan aplikasi WhatsApp pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) membuat pengajar lebih kreatif dengan memanfaatkan media seperti WhatsApp dalam pembelajaran daring sehingga membuat peserta didik juga merasa terbantu baik dalam proses pembelajaran maupun pengumpulan tugas yang jauh lebih mudah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads