Pemanfaatan Canva Dan Powtoon Untuk Peningkatan Kualitas Video Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Wiga Maulana Baihaqi Universitas Amikom Purwokerto
  • Afnatasya Dwias Putri Universitas Amikom Purwokerto
  • Dwi Ayu Mutiara Universitas Amikom Purwokerto
  • Muh Nursaddam Universitas Amikom Purwokerto
  • Fina Ajril Izzati Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.37802/society.v3i2.263

Keywords:

Bahan Ajar, Canva, Guru, Powtoon, Video Pembelajaran

Abstract

Pandemi Covid-19 turut andil dalam meningkatkan pengalaman guru sebagai pengajar untuk menyampaikan materi kepada siswa. Pengajar dipaksa untuk melakukan kegiatan pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan e-learning karena kondisi Covid-19 dan dianjurkan oleh pemerintah. Sehingga guru harus menyusunan dan mengembangkan bahan ajar salah satunya adalah berbasis video dengan tujuan memaksimalkan proses pembelajaran online. Salah satu cara untuk mempersiapkan dan mengembangkan bahan ajar video adalah dengan menggunakan aplikasi online Canva dan Powtoon. Selain itu, Canva dan Powtoon dapat memberikan kemudahan bagi peserta didik untuk melihat video dimanapun dan kapanpun secara daring untuk dipahami kembali setelah proses pembelajaran dengan guru. Canva dan Powtoon menyediakan berbagai macam pilihan desain atau template yang dapat memudahkan  guru dalam mengembangkan bahan ajar video. Setelah mengikuti kegiatan Amikom Mitra Masyarakat, guru sebagai peserta pelatihan sudah dapat memanfaatkan dan mempraktekan Canva dan Powtoon dalam membuat video pembelajaran. Berdasarkan hasil evaluasi, guru atau peserta pelatihan merasa bahwa kegiatan ini bermanfaat, dapat menambah skil dalam pembuatan media ajar video, dan berharap ada kegiatan serupa di kemudian hari.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads