Transformasi Digital Kampung UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) Kreatif Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan Kota Surabaya

Authors

  • Wahono Wahono Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Asy’ari Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ratno Abidin Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • R.Panji Hermoyo Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37802/society.v3i2.305

Keywords:

Digital, Kreatif, Transformasi

Abstract

Tujuan menyeimbangkan kesejahteraan warga kota Surabaya melalui edukasi agar masyarakat yang terdampak covid-19 lebih sadar untuk bertahan serta meningkat taraf hidupnya. Untuk mewujudkan suasana tersebut, Kota Surabaya meluncurkan Program Bisnis Masyarakat Kelas Menengah Transformasi Digital/UMKM untuk mengintegrasikan teknologi ke semua sektor usaha. Harapannya, warga akan mendapat pendampingan pemasaran produk berbasis digital. Untuk meningkatkan kualitas usaha dan hasil produk,  Metode yang digunakan yakni pendekatan kualitatif deskriptif, dengan sampel diseluruh warga RT 05 Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan sebagai bagian dari warga Pemkot Surabaya, mereka berpartisipasi aktif dalam UMKM ini untuk mewujudkan kelurahan yang berpromosi ekonomi secara online. Menjadikan Kelurahan yang kreatif dan inovatif yang mampu berkembang secara kreatif dan memberi wadah untuk berusaha, berkreasi dan berinovasi bagi warga. Hasilnya berupa program pelatihan mengemas produk yang akan dijual ke masyarakat meliputi UMKM Jaya rumput laut, macam-macam kue jagung kering dan basah yang diproduksi warga RT 05 gang IIA Putat Jaya, yang meliputi 23 jenis usaha yang dikerjakan di rumah dengan marketing online.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads