Digitalisasi UMKM Kecamatan Rancabungur Melalui Teknik Copywriting Digital Marketing

Authors

  • Prisca Sari Bisnis dan Manajemen Ritel, Politeknik Digital Boash Indonesia
  • Dian Andrayani Bisnis dan Manajemen Ritel, Politeknik Digital Boash Indonesia
  • Atik Andrian Bisnis dan Manajemen Ritel, Politeknik Digital Boash Indonesia
  • Mulyani Mulyani Bisnis dan Manajemen Ritel, Politeknik Digital Boash Indonesia
  • Pandu Yuniarto Bisnis dan Manajemen Ritel, Politeknik Digital Boash Indonesia
  • Sri Rahayu Handayani Bisnis dan Manajemen Ritel, Politeknik Digital Boash Indonesia
  • Fadly Fadly Bisnis dan Manajemen Ritel, Politeknik Digital Boash Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37802/society.v4i2.501

Keywords:

Copywriting, Konten, Media Sosial, UMKM, Workshop

Abstract

Kecamatan Rancabungur merupakan kecamatan binaan Program Studi Bisnis dan Manajemen Ritel, Politeknik Digital Boash Indonesia (PDBI). Terdapat permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Rancabungur, yaitu belum memiliki pasar yang jelas dan kontinu. Pelaku UMKM tersebut perlu diedukasi mengenai pemasaran digital melalui media sosial. Salah satu teknik membuat konten media sosial adalah copywriting. Oleh karena itu, perlu diadakan pelatihan atau workshop copywriting. Tujuan diadakannya workshop adalah untuk meningkatkan pengetahuan teknis dan minat pelaku UMKM untuk mengimplementasikan copywriting di dalam pembuatan konten media sosial. Program pengabdian ini dilakukan selama enam bulan, dari Bulan Februari hingga Juli 2023. Terdapat 28 mahasiswa yang berkolaborasi di dalam program. Mahasiswa ikut mendampingi 32 UMKM Kecamatan Rancabungur. Lokasi pengabdian yaitu di Desa Bantarsari, Kecamatan Rancabungur,  dan Kampus Politeknik Digital Boash Indonesia. Metode ceramah dan diskusi digunakan dalam proses mendampingi UMKM. Setelah diadakan program workshop copywriting, jumlah peserta yang memahami teknik copywriting dan yang sadar akan pentingnya implementasi copywriting meningkat menjadi 97% dimana sebelum ikut program hanya sebesar 67%. Setelah mendapatkan pencerahan dari narasumber, tingkat minat peserta untuk mengimplementasikan teknik copywriting dalam konten media sosial Instagram dan TikTok juga meningkat menjadi sebanyak 93% di mana sebelum ikut program hanya sebesar 57%. Sebagai output dari pelaksanaan program pengabdian, sebanyak 97% peserta menyatakan akan mengimplementasikan hasil pembelajaran digital marketing, khususnya teknik copywriting. Hal tersebut menunjukkan bahwa program pengabdian ini berjalan efektif karena tujuan akhir program tercapai. Perlu dilakukan program pengabdian lanjutan guna mendukung para pelaku UMKM Kecamatan Rancabungur naik kelas seperti teknik pembuatan konten media sosial lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads