Digitalisasi UMKM Menuju Masyarakat Maju di Kampung Kalipaten
DOI:
https://doi.org/10.37802/society.v4i2.486Keywords:
Digitalisasi, Dompet Digital, Pengembangan, UMKMAbstract
Kegiatan digitalisasi diperlukan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di era industri 4.0. Transformasi dan penguatan teknologi digital telah menjadi hal penting untuk diterapkan di segala bidang, termasuk UMKM yang merupakan tulang punggung ekonomi bangsa. Pembukaan e-wallet dan sosialisasi mengenai e-commerce merupakan upaya yang dilakukan untuk melakukan pengembangan atau transformasi digital pada pelaku UMKM. Tujuan kegiatan pengembangan digitalisasi di Kampung Kalipaten adalah untuk membantu pelaku UMKM mengikuti zaman era digital dan mampu bersaing di pasar online. Metode kegiatan ini berupa sosialisasi dan pendampingan yang dilakukan melalui tahapan penentuan tujuan guna mendefinisikan kebutuhan dari UMKM. Kemudian, tahap persiapan yang dilakukannya pendataan dan survei langsung pada para pelaku UMKM. Selanjutnya pada tahap pelaksanaan, kegiatan digitalisasi dilakukan secara offline dan sebagai tahap evaluasi, di akhir kegiatan pembukaan rekening, pelaku UMKM diajak untuk melakukan diskusi. Adapun tahap evaluasi dari kegiatan sosialisasi, masyarakat diminta untuk mengisi kuesioner. Dari hasil diskusi dari kegiatan pembukaan rekening BCA, pelaku UMKM mulai memiliki pemahaman mengenai cara kerja dari dompet digital. Sedangkan hasil evaluasi kegiatan sosialisasi menyatakan sebanyak 80% mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi membantu para pelaku UMKM dalam mengelola usaha di aplikasi e-commerce.
Downloads
Downloads
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Society : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.