Peran SDM Dalam Pengembangan Kurikulum Guna Implementasi Kebijakan Kurikulum MBKM Prodi PAI di IAI Tabah Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.37802/society.v4i1.358Keywords:
Implementasi, Kurikulum, Pengembangan, SDMAbstract
Pendidikan berperan sangat penting untuk mencetak generasi bangsa yang berkualitas. Dengan pendidikan seseorang mendapat ilmu pengetahuan dan pengalaman untuk dapat menjalani hidup. Salah satu elemen terpenting dari pendidikan adalah kurikulum. Elemen lain yang tidak kalah penting dari kurikulum adalah peran Sumber Daya Manusia (SDM). Dengan sumber daya manusia yang bagus, proses pendidikan dapat berjalan dengan lancar dan optimal. Seperti dalam proses pengembangan kurikulum, peran dari sumber daya manusia sangat penting. Namun, akhir-akhir ini kualitas SDM dalam pendidikan menurun. Seperti, guru atau dosen hanya mengajar di kelas saja. Dalam kondisi ini, diperlukan adanya pengembangan kurikulum yang sesuai sebagaimana yang dapat diaplikasikan. Riset ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tujuan dari riset ini adalah untuk mengidentifikasi peran SDM dalam pengembangan kurikulum prodi PAI dan memberikan solusi atas problematika yang terjadi. bahwa informasi yang didapatkan selama proses observasi di dalamnya terdapat peran SDM terhadap proses pengembangan kurikulum PAI di IAI Tabah Lamongan. Setelah melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan beberapa tahap seperti wawancara, dokumentasi, analisis dokumentasi kurikulum dalam pengembangan kurikulum prodi PAI IAI Tabah mengalami perubahan. Pembuatan dokumen kurikulum yang dilakukan oleh kaprodi dan dosen PAI belum sepenuhnya berlangsung secara optimal, namun dengan adanya dukungan dan kerja sama yang baik antar dosen, mahasiswa, dan keikutsertaan mahasiswa pengabdian, menghasilkan penyempurnaan pada dokumen kurikulum serta implementasi kurikulum MBKM dapat berjalan dengan baik.
Downloads
Downloads
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Society : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.