Penyegaran Materi Penyajian Makanan bagi Ahli Gizi dan Pemasak Rumah Sakit

Authors

  • Ika Ratna Palupi Gizi Kesehatan, Universitas Gadjah Mada
  • Yeni Prawiningdyah Komite Mutu dan Keselamatan Pasien, RSUP dr. Sardjito

DOI:

https://doi.org/10.37802/society.v4i2.465

Keywords:

Ahli Gizi, Pemasak Rumah Sakit, Penyajian Makanan, Penyegaran Materi

Abstract

Makanan bagi pasien di ruang rawat inap tidak semuanya disajikan secara menarik dan menggunakan garnis atau penghias hidangan yang dapat menambah menariknya penampilan makanan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan motivasi ahli gizi dan pemasak di rumah sakit tentang penyajian makanan pasien yang menarik. Kegiatan dilaksanakan secara daring pada 28 Juli 2021 yang diikuti oleh 30 ahli gizi dan 5 pemasak dari 6 rumah sakit di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Metode pelaksanaan kegiatan yaitu penyuluhan, pemutaran video demonstrasi, dan tanya jawab dengan narasumber ahli gizi dan chef. Indikator pengetahuan peserta diukur dengan menggunakan kuesioner pre dan post test yang menunjukkan adanya peningkatan skor pengetahuan peserta sebelum penyegaran materi (nilai rata-rata 4,2+2,6 dan minimal 0) dan setelah penyegaran materi (nilai rata-rata 6,3+2,1 dan minimal 3,3). Seluruh peserta juga melaporkan motivasi yang baik untuk menyediakan makanan pasien yang menarik setelah mengikuti kegiatan ini. Disimpulkan bahwa kegiatan penyegaran materi tentang penyajian makanan pasien yang menarik dapat meningkatkan pengetahuan dan motivasi ahli gizi dan pemasak di rumah sakit. Pelatihan kuliner perlu diselenggarakan secara berkala setiap tahun untuk menyegarkan kembali pengetahuan dan motivasi ahli gizi dan staf instalasi gizi rumah sakit khususnya yang bertugas di bagian produksi makanan agar melakukan pelayanan makanan yang berkualitas untuk mencapai tujuan kepuasan pasien.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads