Optimasi Digital Marketing Communication Bagi UMKM Relajarse_id
DOI:
https://doi.org/10.37802/society.v2i2.206Keywords:
Digital Marketing Communication, Instagram, Shopee, UMKMAbstract
Latar belakang dari dilaksanakannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah karena adanya kebutuhan bagi UMKM Relajarse_id untuk mempertahankan bisnisnya di tengah pandemi. Indonesia saat ini sedang diguncang oleh pandemi yang mempengaruhi berbagai sektor. Salah satu yang terdampak secara hebat adalah para pelaku UMKM, termasuk Relajarse_id. Relajarse_id masih mengandalkan cara berdagang tradisional, sehingga ketika terjadi pembatasan sosial mereka kesulitan untuk mengelola usahanya. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengoptimalkan digital marketing communication. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membuka saluran baru untuk meningkatkan komunikasi pemasaran Relajarse_id. Dengan adanya saluran digital marketing communication baru, akan membuka peluang bagi Relajarse_id untuk memperoleh pelanggan baru yang tidak dapat tersentuh dengan cara-cara tradisional. Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan oleh tim dari Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis Media, Universitas Ciputra Surabaya. Dilakukan optimalisasi digital marketing communication melalui dua media yaitu Instagram dan Shopee. Hal yang dilakukan antara lain memberikan steppingstone seperti membuat akun, melengkapi keterangan akun, dan menyiapkan foto-foto, serta memberikan pelatihan untuk pengelolaan dari media-media tersebut. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pada awareness, di mana banyak konsumen baru yang sebelumnya tidak mengenal Relajarse_id jadi mengetahui keberadaannya. Kemudian juga terjadi peningkatan engagement, di mana pemilik Relajarse_id dapat berhubungan dengan para konsumen dengan lebih mudah melalui fitur-fitur yang ada dalam aplikasi. Ujungnya terjadi peningkatan sales dari Relajarse_id yang mampu menjaga eksistensi dari Relajarse_id di tengah sulitnya bertahan pada masa pandemi ini.
Downloads
Downloads
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Monika Teguh, Grace Angelica Phieter, Sarah Marceline
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.