Pendampingan Branding Produk Sebagai Strategi Graduasi Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan Di Kelurahan Kepanjen Kidul
DOI:
https://doi.org/10.37802/society.v3i2.270Keywords:
Branding Kue Kecipir, Pemberdayaan Masyarakat, Program Keluarga HarapanAbstract
Mahasiswa Kajian dan Praktik Lapangan Universitas Negeri Malang bersama Dinas Sosial Kota Blitar melaksanakan pengabdian kepada masyarakat terkait dengan pendampingan branding produk kue kecipir yang diproduksi oleh Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapanelurahan Kepanjen Kidul Kota Blitar. Motif dibalik pelaksanaan program ini yaitu kurangnya kemampuan sasaran dalam hal branding/marketing sehingga produk kue kecipir belum dikenal oleh masyarakat luas. Tujuan program pendampingan ini adalah membantu mengembangkan usaha kelompok KPM PKH Kelurahan Kepanjen Kidul sebagai salah satu strategi graduasi mandiri. Metode pelaksanaan kegiatan yaitu dengan observasi dan pendampingan praktik. Hasil dari kegiatan ini adalah KPM PKH mampu; 1) merencanakan desain label/stiker sebagai ciri khas produk; 2) membuat slogan; 3) menuliskan identitas KPM PKH Kelurahan Kepanjen Kidul agar diketahui oleh calon konsumen, dan dapat menentukan pilihan desain warna serta kemasan agar semakin menarik sehingga mempermudah promosi dan meningkatkan daya jual produk. Diharapkan program pengembangan pendampingan branding produk kue kecipir dapat terus dilakukan secara merata di wilayah Kota Blitar agar masyarakat sasaran menjadi lebih mandiri secara finansial sehingga mampu membantu pemerintah dalam membangun ekonomi produktif.
Downloads
Downloads
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Society : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.