Pengembangan dan Pelatihan Digitalisasi E-Commerce UMKM Bangka
DOI:
https://doi.org/10.37802/society.v4i2.458Keywords:
E-Commerce, Pelatihan, UMKMAbstract
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Bangka masih melakukan transaksi penjualan dan pemasaran produk secara tradisional. Kegiatan Pengembangan dan Pelatihan Digitalisasi E-Commerce pada UMKM Bangka bertujuan meningkatkan daya saing dan kemampuan dalam memasarkan produk melalui platform e-commerce khusus di Kabupaten Bangka. Sistem informasi e-commerce diperlukan agar dapat membantu UMKM dalam menjalankan aktivitas transaksi penjualan. Selain itu, DISNAKER PERINDAG Kabupaten Bangka dapat memonitor transaksi penjualan tersebut. Fitur E-commerce memungkinkan UMKM untuk mengelola transaksi penjualan secara online maupun onsite ketika ada pelanggan yang membeli produk di tempat penjualan. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dimulai dari melakukan pembuatan sistem e-commerce hingga memberikan pelatihan dan sosialisasi kepada pengguna sistem. Dari hasil kegiatan pelatihan diperoleh hasil survei menunjukkan bahwa 91.47% responden merasa sistem mudah digunakan, 89.24% menyatakan sistem memberikan manfaat, dan 90.84% berkeinginan untuk mengimplementasikan sistem.
Downloads
Downloads
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Society : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.