PKM Pengembangan Sumberdaya Manusia untuk Pemasaran Online Usaha Kecil Menengah "Kedurus Sejahtera" Surabaya

Authors

  • Anggraeny Puspaningtyas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Abdul Halik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37802/society.v1i1.90

Keywords:

Pengembangan Ekonomi Kreatif, Pemasaran Online

Abstract

Pengembangan ekonomi kreatif di periode pemerintahan presiden Tahun 2015-2019 mendorong untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Secara sistematis dimulai dengan instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2009 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif dengan merumuskan Rencana Induk Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia Tahun 2009-2025 oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Pada tahun 2015 melalui Peraturan Presiden Nomor 6 Tahun 2015, Badan Ekonomi Kreatif untuk memenuhi kompleksitas perkembangan ekonomi kreatif, salah satunya adalah Usaha Kecil Menengah yang bergerak di bidang kerajinan handycraft. Kedurus Sejahtera Bordir atau disingkat Kesra Bordir adalah salah satu bidang Usaha Kecil Menengah di Surabaya yang mengolah limbah perca, digabung dengan bordir untuk pembuatan produk tas dan dompet. Usaha Kecil Menengah Kesra Bordir beranggotakan 21 orang dengan pemasaran produk terbatas dan secara offline. Program PKM bersama mitra sepakat untuk mengatasi permasalahan dengan cara 1) pengembangan desain dan proses pemasaran dalam bentuk online, dan 2) pendampingan pemasaran tas dan dompet secara online. Dari pengembangan desain dan proses pemasaran dalam bentuk online dapat mempercepat dan memudahkan proses pemasaran. Pendampingan pengelolaan pemasaran online dapat memberikan pemahaman dan pendampingan pemasaran online. Metode pelaksanaannya adalah identifikasi mitra, pembelajaran partisipatif dan pendampingan pemasaran online.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads